9 Alasan kenapa Anda Harus Memilih Makanan Organik

Setiap tahun ‘orgaik’ menjadi tren yang berkembang pesat. Jika anda berjalan ke supermarket atau sedang mencari bahan makanan di marketplace, semua yang berlabel “organik” semakin mudah dijumpai. Bahkan tidak jarang berjejer pada kategori dan rak khusus. Pertanyaannya, apakah organik benar-benar lebih baik untuk kesehatan kita?Nah, untuk benar-benar memahami mengapa makan organik lebih baik untuk kesehatan Anda (dan planet kita), berikut 9 alasan kenapa Anda harus makan makanan organik.organic-food wellfarm

9 Alasan kengapa Harus Memilih Makanan Organik

1. Hindari GMO

Transgenik berdampak buruk pada keanekaragaman hayati tanaman kita dan keberlanjutan ekosistem kita. Disi lain bagaimana makanan yang dimodifikasi secara genetik dapat membahayakan kesehatan kita masih butuh penelitian lanjutan.

2. Berhenti melahap bahan kimia

Campuran bahan kimia seperti pestisida, herbisida, dan insektisida banyak digunakan dalam pertanian konvensional dan terdapat pada banyak makanan yang ada dipasar tradisional maupun modern. Bukankah anda sudah tahu, lusinan daftar bahaya bahan kimia tersebut untuk kesehatan kita dan generasi yang akan datang?.

3. Pilih organik karena lebih segar

Sejumlah bahan makanan organik membutuhkan perlakuan khusus dibandingkan hasil pertanian non organik. Hal itu tidak lain, karena hasil pertanian organik lebih segar, tidak dapat bertahan lama karena disukai aneka jamur, kutu, dan sejenisnya. Hal ini berbeda dengan produk konvensinal yang bahkan kutu dan jamur saja takut karena zat kimia tambahan yang dikandungnya.

4. Lebih baik untuk lingkungan

Praktek pertanian organik mengurangi polusi, menghemat air, mengurangi erosi tanah, menggunakan lebih sedikit energi, dan mengisi kembali nutrisi berharga di dalam tanah. Tidak hanya itu, pertanian organik juga lebih baik dalam memelihara keragaman organisme dalam tanah.

5. Lebih baik untuk buruh tani
Pertanian bebas pestisida juga lebih baik bagi manusia (dan hewan!) yang tinggal di dekat peternakan. Para petani, keluarga mereka dan komunitas pedesaan yang menerapkan pertanian organik lebih aman dari berbabagai bahaya yang ditimbulkan dari penggunaan pestisida.

6. Lebih baik bagi ekonomi para petani kita

Tidak hanya kesehatan, perekonomian petani juga akan terdongkrak dengan sistem pertanian organik. Pada akhirnya hal itu juga akan memberikan dampak yang luar biasa pada perekonomian negara.

7. Makanan organik lebih kaya nutrisi

Makanan yang ditanam secara organik memiliki lebih banyak vitamin, mineral, enzim, dan zat gizi mikro daripada makanan yang ditanam secara komersial karena tanah dipupuk dengan praktik pertanian berkelanjutan.
Tahukn anda, rata-rata makanan yang ditanam secara organik menyediakan: 21% lebih banyak zat besi, 27% lebih banyak vitamin C, 29% lebih banyak magnesium, dan 13% lebih banyak fosfor daripada makanan konvensional anorganik.

8. Organik lebih manusiawi

Tidak hanya tanaman, hewan-hewan yang dibesarkan secara organik tidak diberi antibiotik berbahaya atau hormon pertumbuhan. Mereka tidak diberi makan produk sampingan hewan. Selain itu hewan juga akan diberikan lebih banyak ruang dan akses ke alam terbuka agar mereka tetap sehat dan bahagia.

9. Organik menawarkan rasanya yang lebih enak

Tanah yang bergizi baik menghasilkan tanaman yang sehat dan kuat, dan makanan organik sering ditanam dengan fokus pada rasa daripada penampilan. Beras organik misalnya, mungkin akan kalah mengkilap jika dibandingkan dengan produk beras non organik premium yang dipoles dengan pemutih, pewangi, dan bahkan perasa tambahan.

Di Indonesia, organik berarti :

  1. Tidak Ada GMO (Organisme yang Dimodifikasi Secara Genetik)
  2. Tidak ada antibiotik atau hormon pertumbuhan yang diberikan kepada hewan dan tidak ada bahan kimia yang digunakan untuk membunuh hama atau gulma.
  3. Tidak ada pupuk sintetis
  4. Memiliki label “sertifikat organik” dari lembaga yang diakui.

berita wellfarm beras organikJadilah konsumen cerdas, jika ada penjual yang menawarkan beras organik tapi tidak memiliki sertifikat organik dari lembaga terakreditasi, segera tinggalkan saja.

Sebagai orang Indonesia yang makan terasa belum lengkap jika tidak menyantap nasi, anda bisa mulai menerapkan hidup sehat, memilih bahan makanan pokok organik. Ganti dan mulailah mengkonsumsi beras organik.

Lihat berbagai jenis produk beras organik tersertifikasi resmi, asli dari pertanian dataran tingi lereng merapi merek Wellfarm. Cari lokasi outlet mitra ritel kami yang jual beras organik terdekat di kota Anda.