Lompat ke konten
WellFarm » Artikel » Beras Organik : Keunggulan, Manfaat, Jenis, Harga, Merk Dan Ciri-Cirinya

Beras Organik : Keunggulan, Manfaat, Jenis, Harga, Merk Dan Ciri-Cirinya

Berikut kami sajikan ulasan lengkap tentang Beras Organik :Keunggulan, Manfaat, Jenis, Harga, Merk Dan Ciri-Cirinya termasuk jugaGambar Serta Videonya. Pokoknya semua hal tentang beras organik yang penting anda diketahui dibahas tuntas dan mendalam pada artikel ini.

Ulasan ini untuk menjawab berbagai pertanyaan seperti ; apakah benar beras yang dihasilkan dari pertanian organik lebih sehat?.

Gambar Beras Organik dari produsen beras organik WellFarm

Apakah beras khusus organik ini lebih aman, kaya nutrisi dan lebih bergizi?. Apakah beras organik lebih baik dibandingkan beras biasa non organik?. Dan, fakta-fakta lain mengenai manfaat beras organic, jenis-jenisnya, memilih beras organik untuk bayi MPASI, beras organik untuk diet, diabetes, dan hal-hal lainnya.

Bagi yang baru pertama kali mendengar istilah ‘beras organik’ dan penasaran tentang apa sih yang dimaksud dengan beras organik?. Artikel ini juga akan menjawab keingintahuan Anda.

Jadi, apapun pertanyaan yang ada dibenak Anda dan membawa anda sampai ke halaman blog ini akan kami jawab dengan sebaik mungkin. Kami berupaya memberikan konten paling rinci, detail, mendalam dan menyeluruh tentang fakta hingga mitos tentang beras organik yang perlu anda ketahui.

Silahkan perbaiki tempat duduk anda, baca dengan segelas menyeruput teh hangat dan camilan sehat, karena konten ini cukup panjang.

Daftar Isi :

  1. Mengenal Beras Organik
  2. Ciri Ciri Beras Organik
  3. Apa Yang Dimaksud Dengan Beras Organik ?
  4. Keunggulan Beras Organik
  5. Apa Manfaat Beras Organik ?
  6. Beras Organik Untuk Diet
  7. Beras Organik Untuk Bayi MPASI
  8. Beras organik untuk Diabetes
  9. Contoh Dan Merk Beras Organik ?
  10. Harga Beras Organik
  11. Gambar dan Video Beras Organik
  12. Peluang Usaha Beras Organik : Agen / Distributor/ Reseller Dropship / Affiliate

Tanpa basa-basi, langsung saja kita mulai pembahasan tentang beras organik dengan selengkap-lengkapnya. Seperti yang kita ketahui produk komoditas pertanian ini merupakan salah satu kategori makanan sehat yang sedang trend dan semakin laris serta paling banyak dicari di Indonesia bahkan di pasar Internasional.

Info Grafis definisi atau pengertian beras organik
Info Grafis definisi atau pengertian beras organik dari WellfarmID

1. Mengenal Beras Organik

Banyak definisi beras organik. Berikut pengertian paling populer, beras organik adalah beras yang dihasilkan dari padi yang ditanam menggunakan sistem pertanian  alami, tanpa pestisida, pupuk kimia, dan lahan serta pengairan dengan sumber air terjaga. Keorganikan-nya sudah diawali sejak pemilihan bibit, pengolahan lahan, perawatan, hingga menjadi beras siap konsumsi dan siap diolah menjadi nasi di atas meja makan konsumen.

Semua proses tersebut dipantau, diawasi dan diaudit oleh lembaga berwenang. Lembaga sertifikasi ini harus terdaftar, diakui dan terakreditasi pada Komite Akreditasi Nasional (KAN), sehingga menjamin kualitas, mutu, dan keasliann-nya.

Dari pengertian di atas kita dapat menarik kesimpulan sederhana. Tidak semua padi yang ditanam tanpa pupuk kimia dan tidak menggunakan pembasmi hama pestisida / kimia bisa disebut atau diberikan label beras organik.

Jangan sampai salah pilih!.

Beras organik yang terjamin ke-alamian-nya HARUS memiliki label sertifikat organik. Bukan hanya alami menurut penjual beras-nya saja. Bukan beras biasa yang diberi embel-embel organik.

Seritfikat dan label ini penting. Selain sulit didapatkan, sertifikat organik juga menjadi sebuah pengakuan atas produk organik. Menjadi patokan standar nasional Indonesia (SNI), untuk semua produk-produk berlabel organik.

ciri ciri beras organik
ciri ciri beras organik ilustasi

2. Ciri Ciri Beras Organik

Setelah mengetahui apa itu beras organik. Sekarang kita cari tahu, apa sih ciri-ciri beras organik?.

Saat ini kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga pola hidup sehat makin tinggi. Fakta tersebut menjadikan produk-produk berlabel ‘organik’ semakin dicari dan digandrungi konsumen. Terlebih lagi beras organik yang notabene merupakan kebutuhan pokok yang menjadi konsumsi harian masyarakat Indonesia.

Sayangnya, tidak banyak produsen beras organik yang telah bersertifikat di Indonesia. Peluang ini tidak jarang dimanfaatkan beberapa ‘pedagang nakal’ yang mengklaim beras biasa sebagai varietas organik. Sebagian lagi melakukan praktik ‘kecurangan’ dengan menambah pemutih atau pengawet agar beras terlihat lebih berkualitas dan tahan lama.

Nah, meskipun hingga kini belum ada cara pasti untuk mengetahui perbedaan beras organik dan beras non organik. Tapi, agar tidak salah beli beras organik, yuk kita kenali ciri-cirinya.

Berikut ciri-ciri beras organik yang harus Anda ketahui :

a. Perhatikan permukaan berasnya. Beras organik asli memiliki permukaan lebih mengkilat dan licin.

b. Ketika dimasak beras organik lebih ber-aroma.

c. Lihat nasi yang sudah dimasak. Apakah tahan lama atau tidak?. Beras organik menghasilkan nasi yang tahan lama atau tidak cepat basi seperti nasi beras non organik.

d. Beras biasa tidak jarang menggunakan bahan pemutih. Ketika dicuci, air cucian beras biasa / non organik lebih keruh. Tidak begitu dengan beras organik asli tanpa pemutih.

e. Rasa nasi dari beras organik agak manis (sedikit ada manis-manis-nya).

f. Ketika dimasak, beras organik memiliki tekstur yang pulen.

g. Beras organik asli tidak membutuhkan waktu memasak yang lama (lebih cepat matang dibandingkan beras non organik).

h. Saat dimakan akan membuat lebih cepat kenyang dan tidak mudah lapar.

i. Beras organik menghasilkan volume nasi lebih banyak.

j. Beras organik lebih disukai kutu karena tanpa pengawet. Jika dibiarkan terbuka atau kemasan tidak vacum, beras organik asli akan cepat dipenuhi kutu dan jamur.

Setidaknya itulah ciri-ciri beras organik yang perlu anda ketahui agar tidak salah pilih ketika beli di pasaran. Nanti kita akan bahas lebih lanjut mengenai keunggulan beras organik dibandingkan beras biasa non organik. Tapi sebelum itu, yuk kita kenali sekali lagi, apa sih sebetulnya beras organik.

beras organik adalah
Apa yang dimaksud beras organik

3. Apa Yang Dimaksud Dengan Beras Organik ?

Apakah yang dimaksud sebagai Beras Organik hanya sebatas beras yang hasilkan dari padi yang dibudidayakan / ditanam tanpa menggunakan pupuk dan pestisida kimia saja?.

Jawab : Tidak semudah itu!

Yang dimaksud dengan Beras organik ialah beras yang dihasilkan dengan budidaya alami, menggunakan benih lokal tanpa rekayasa genetika, dan ditanam pada lahan yang memenuhi standart hayati, bebas dari zat kimia atau pestisida.

Tidak hanya itu, padi hasil panennya juga harus diolah alami tanpa zat tambahan, agar terhindar dari zat berbahaya. Dan, yang tidak kalah penting, semua proses tersebut harus dengan pengawasan dan memenuhi standart yang ditetapkan oleh lembaga sertifikasi terakreditasi.

Kalau hanya sesederhana budidaya tanpa pupuk dan pestisida saja, para petani yang kekurangan modal / kesulitan mendapatkan pupuk kimia dan pestisida, seharusnya juga disebut petani organik. Beras mereka seharusnya juga dihargai lebih mahal dipasaran selayaknya harga beras organik khusus asli.

Jadi, sudah paham ya, maksudnya ‘organik’ yang kita bahas dalam beras khusus ini?!.

Biar lebih jelas lagi, berikut perbedaan sistem pertanian / budidaya antara beras organik dan beras biasa :

A. Pemberian pupuk

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pupuk yang diberikan pada beras organik adalah menggunakan pupuk kompos maupun pupuk hijau yang bersifat alami tanpa adanya bahan kimia. Sementara untuk beras biasa, menggunakan pupuk berbahan kimia (non organik).

B. Pemberian air dalam sistem pengairan

Berbeda dengan beras biasa yang menggunakan air berbahan kimia sintetis, air pada beras organik justru menggunakan sistem pengairan yang jernih. Bahkan, air yang digunakan pada penanaman beras organik ini tidak tercampur sama sekali dengan bahan kimia sintetis.

C. Teknik dalam mengendalikan hama tanaman

Dalam mengendalikan hama tanaman, beras organik biasanya menggunakan pestisida yang bersifat alami. Seperti misalnya pestisida yang dihasilkan dari daun dan buah – buahan yang sebelumnya telah difermentasi secara alami.

Sementara untuk beras biasa atau non organik, lebih sering menggunakan pestisida berbahan kimia untuk membasmi hama tanaman. Dari kedua jenis pembasmi hama yang digunakan, tentu saja beras organik lebih menyehatkan untuk dikonsumsi dibandingkan dengan beras yang menggunakan pestisida kimia bukan?

D. Tahapan dalam pemanenan dan pengolahan beras

Pada tahapan pemanenan dan pengolahan beras, beras organik yang dihasilkan dilakukan secara alami tanpa menggunakan bahan-bahan pengawet kimia sintetis. Hal ini jelas jauh berbeda seperti yang digunakan pada beras non organik.

Sebagai catatan tambahan, beras yang memiliki label organik memang bukan beras asal-asalan. Karena label organik bukan cap sembarangan yang bebas ditempelkan di mana saja. Label organik tidak boleh asal tempel tanpa sertifikat resmi dari lembaga sertifikasi berwenang.

Produsen supplier beras organik Wellfarm misalnya, dilarang asal tempel label organik pada kemasan beras-nya. Mereka harus punya sertifikat khusus dari lembaga sertifikasi organik, dan memiliki standar nasional Indonesia (SNI), serta harus mengantongi izin edar dari instanasi terkait. Sertifikat ini menjadi bukti bahwa pengolahan suatu produk memang telah sesuai standar organik.

Untuk meraih sertifikat atau label organik tidaklah mudah.

Biaya yang dibutuhkan cukup mahal hingga mencapai angka puluhan juta rupiah. Selain itu produsen yang ingin mendapatkan label organik juga harus mau repot, dan ribet untuk memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan.

Sertifikasi tersebut juga harus selalu diperbaharui setiap beberapa tahun sekali alias tidak berlaku selamanya.

Okey, mudah-mudahan penjelasan di atas bisa menjawab pertanyaan tentang apa sih yang dimaksud dengan beras organik.

Berikut Gambaran Alur Proses Sertifikasi Untuk Mendapatkan Label Organik

alur proses sertifikat beras organik
Info Grafis Alur Proses Sertifikasi organik, termasuk beras organik

 

4. Keunggulan Beras Organik

Jika dibandingkan beras biasa non organik, beras organik menawarkan banyak keunggulan. Berikut beberapa keunggulan dari beras organik asli :

a. Menggunakan bibit padi lokal terbaik (non transgenik).

b. Dibudidayakan tanpa pestisida.

c. Menggunakan pupuk organik.

d. Menggunakan pengairan yang tidak tercemar.

e. Hasil panen padi organik diproses tanpa poles (tanpa bahan pengawet dan tambahan zat additive lainnya).

f. Di awasi dengan sistem sertifikasi oleh lembaga berwenang dan terakreditasi.

g. Memiliki label organik.

h. Baik untuk keseimbangan alam dan bumi.

i. Lebih aman dari zat-zat kimia dan sisa pestisida.

Masih ada lagi.

Seperti sudah disinggung sebelumnya, untuk lolos sertifikasi dan mendapatkan label organik, bidudaya padi organik juga wajib dilakukan pada lahan yang sudah steril dari zat kimia.

Jika lahan yang digunakan adalah lahan baru, maka harus ada bukti surat yang menyatakan bahwa lahan tersebut memang lahan alami yang belum pernah ditanami dengan sistem pertanian non organik.

Para petani yang sebelumnya sudah menanami lahan mereka dengan pupuk kimia dan pestisida harus berjuang sekitar 3 tahun hingga akhirnya bisa menghasilkan padi atau beras organik asli.

Nah, jika dibandingkan dengan beras non organik, beras dengan label organik juga masih menawarkan sejumlah kelebihan lain diantaranya; ketika dimasak beras organik terasa lebih pulen, nasi tidak cepat basi, bisa tahan hingga 24 jam.

Volume nasi lebih banyak dibandingkan dengan beras non organik, tidak perlu dicuci berkali-kali karena dipoles tanpa pengawet, dan tidak perlu direndam lama.

Sementara itu dari segi kesehatan, beras organik juga memiliki banyak keunggulan.

Berikut keunggulan beras organik dari segi kesehatan yang harus And ketahui :

a. Beras organik kaya serat

b. Tinggi protein

c. Kaya nutrisi

d. Bebas zat kimia berbahaya dan bebas pestisida

f. Rendah gula

g. Index GI lebih rendah.

h. Tinggi antioksidan

i. Mengandung Vitamin B

j. Mengandung senyawa organik yang dibutuhkan tubuh

k. Rendah gula

l. Non Additive

n. dll

Lihat manfaat beras organik lain-nya di bawah ini. Masing-masing variates / jenis beras organik menawarkan kelebihan yang berbeda-beda.

5. Apa Manfaat Beras Organik ?

Secara umum nasi dari beras organik memiliki kadar gula lebih rendah. Selain itu kadar seratnya juga lebih tinggi sehingga cenderung lebih baik untuk membantu mengontrol kadar gula darah. Selain itu, beras organik kandungan nutrisi dan mineral yang tinggi, kandungan glukosa, karbohidrat dan proteinnya mudah terurai. Untuk mengetahui manfaat masing-masing variates / jenis beras organik silahkan disimak ulasannya berikut ini.

Manfaat Beras Organik Berdasarkan jenis berasnya :

beras merah organik
Foto Beras Merah Organik Merek Wellfarm


5.1 Manfaat dan keunggulan beras merah organik :

a. Baik Untuk Diet dan mengontrol berat badan

b. Mencegah Obesitas

c. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

d. Pola Tidur Bayi Lebih Berkualitas

e. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler

f. Mengontrol kadar gula darah

g. Melancarkan pencernaan

h. Mengurangi resiko kanker

i. Kaya akan serat.

gambar beras hitam organik
Gambar beras hitam organik merk WellFarm


5.2 Manfaat dan keunggulan Beras Hitam

a. Kaya akan antioksidan

b. menyehatkan jantung

c. mencegah kanker

d. Baik untuk pencernaan

e. Menambah energi

f. Menjaga kesehatan mata

g. mengontrol diabetes

h. Mendukung diet

i. Membantu detox tubuh  

beras coklat organik
Gambar Beras Coklat Organik Brand Wellfarm


5.3 Manfaat dan keunggulan Beras Coklat

a. Menurunkan Resiko Kanker Usus Besar

b. Mencegah Penyakit Jantung

c. Mencegah Kanker Payudara

d. Menurunkan Kolesterol

e. Menjaga berat badan

f. Membantu Mengendalikan Kadar Gula Darah

g. Membantu Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

h. Menguatkan tulang

i. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

gambar beras putih organik menthik susu
Gambar Beras putih organik variates Menthik Susu


5.4 Manfaat dan keunggulan Beras Putih Organik

a. Mampu meningkatkan ketahanan tubuh (imunitas / kekebalan) terhadap berbagai jenis penyakit.

c. Dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi bagi para penderita diabetes.

d. Dapat memperbaiki kerusakan sel – sel pada organ hati.

e. Mampu mencegah gangguan fungsi ginjal.

f. Dapat memperlambat penuaan dini.

g. Terbukti mampu mencegah penyakit kanker.

h. Sangat cocok dijadikan sebagai makanan dalam program diet.

i. Melancarkan sistem pencernaan.

j. Meningkatkan kesehatan fungsi jantung.

k. Menurunkan berat badan.

l. Mencegah terjadinya obesitas.

Secara umum, manfaat yang terkandung dalam beras putih organik juga melekat pada beras berwarna, baik itu beras merah, beras hitam, maupun berascoklat organik. Karena banyak studi membuktikan bahwa beras berwarna lebih unggul dibandingkan beras putih.

beras diet organik
Gambar Beras Diet Organik


5. 5 Manfaat Beras Diet Organik Riceslim

a. menghasilkan nasi pulen, enak dan sehat

b. Membantu menurunkan berat badan

c. Melangsingkan tubuh

d. Meningkatkan metabolisme

e. Melancarkan pencernaan

f. Menurunkan kolesterol

g. Membantu pembakaran lemak dalam tubuh

h. Memelihara kesehatan tubuh

i. Menjaga berat badan ideal.

pilihan beras organik untuk diet
Pilihan Beras Organik Untuk Diet

 

6. Beras Organik Untuk Diet

Sudah diakui para ahli bahwa beras merah organik, beras coklat dan beras hitam atau sering juga disebut “beras berwarna” mengandung nutrisi lebih baik dibandingkan beras putih (apalagi beras putih non organik). Menyantap beras berwarna tersebut, berarti juga menyantap kulit ari dan semua vitamin yang terkandung didalamnya.

“Ketika ‘lapisan pembungkus’ dari beras dibuang, maka berkurang juga jumlah serat serta vitamin dan mineral lain yang terkandung didalamnya”, kata dr. Elyarna Putri.

Jadi secara singkat bisa disimpulkan bahwa, beras organik untuk diet yang bisa kamu pilih adalah beras merah, beras coklat dan beras hitam.

Alasannya, serat yang dimiliki beras coklat diyakini akan meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu menurunkan berat badan.

Sementara itu beras merah juga kaya akan antosianin. Antioksidan yang bernama antosianin tersebut dipercaya dapat membantu mengatur berat badan ideal. Sedangkan mangan yang ada di dalam beras bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Nah, khusus untuk kamu yang melakukan diet untuk tujuan pemeliharaan kondisi kesehatan, beras hitam adalah pilihan terbaik. Alasannya, beras hitam lebih kaya nutrisi dan antioksidan bahkan jika dibandingkan dengan beras coklat dan beras merah.

Kandungan ini lebih bisa diandalkan untuk membantu tubuh dalam melawan berbagai penyakit. Pendapat ini diamini oleh ahli salah satunya oleh dr. Atika Prisilia.

Khusus untuk beras coklat, Kristen Chang, seorang ahli diet olahraga asal Virginia, Amerika Serikat menyatakan bahwa beras coklat adalah gandung utuh dan sederhana. Artinya, beras cokelat menjalani proses yang lebih sedikit dari beras putih.

Gandum utuh memiliki tiga bagian gabah: dedak (yang memiliki sebagian besar serat gabah), germ (yang memiliki lemak sehat), dan endosperma (yang merupakan karbohidrat).

Bagaimana dengan beras organik khusus diet seperti Riceslim?.

Seperti yang kita ketahui, Riceslim adalah beras diet organik dari brand Wellfarm. Apakah beras organik khusus diet ini lebih baik dibandingkan dengan mengkonsumsi salah satu dari 3 jenis beras di atas?.

Jawabannya: Sudah pasti lebih baik!.

Alasannya, beras diet organik riceslim merupakan beras racikan spesial dari variates khusus dengan kandungan serat extra, protein, vitamin, dan nutrisi lain yang kaya dan bisa diandalkan dalam mendukung program diet.

Produk ini juga baik untuk Anda yang sedang menjalani program diet khusus untuk melangsingkan dan menurunkan berat badan berlebih / kegemukan. Meningkatkan metabolisme, baik untuk sistem pencernaan, membantu mengontrol konsumsi kalori. [Baca : beras diet organik riceslim]

So, kalau cari beras organik untuk diet, anda bisa memilih salah satu dari 3 beras berwarna; entah itu beras coklat organik, beras merah organik untuk diet, atau beras hitam organik. Jika bingung mau mengkonsumsi beras diet yang mana, beli beras diet organik Riceslim.

Riceslim adalah beras diet organik yang diformulasikan khusus sebagai asupan baik untuk mendukung diet kamu.

Produk best seller dari Wellfarm ini cocok untuk melangsingkan tubuh atau menguruskan badan. Baik untuk diet dengan tujuan menjaga berat badan tetap ideal. Membantu anda yang memiliki berat badan berlebih agar bisa menurunkan kegemukan / obesitas.

beras organik untuk mpasi
Gambar Beras organik untuk MPASI by WellFarm


7. Beras Organik Untuk Bayi MPASI

Usia 6 bulan merupakan masa yang penting bagi bayi. Sebab, pada usia tersebut si Kecil mulai diperkenalkan kepada makanan padat pertama atau makanan pendamping ASI (MPASI).

Kepopuleran MPASI berbahan organik kian meningkat belakangan ini. Sebuah studi menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumi makanan organik memiliki tingkat pestisida yang sangat rendah.

Ketika telah tiba saatnya untuk memulai MPASI, orang tua perlu mengedepankan higienitas dalam proses pengolahannya. Selain itu, orang tua juga harus memilih bahan makanan yang baik dan sehat untuk sang buah hati. Salah satu bentuk bahan makanan yang bisa dipilih orang tua adalah yang bersifat organik.

Residu pestisida sering tersisa pada makanan yang berasal dari bahan non organik. Residu pestisida itulah yang berisiko menimbulkan bahaya kesehatan, terutama pada bayi yang masih rentan.

Bahan makanan organik, seperti beras organik juga diklaim memiliki rasa yang lebih nikmat. Bila Anda memilih membuat sendiri makanan bayi dari bahan organik, Anda bisa memilih sumber karbohidrat berupa beras putih dan beras merah organik.

 

beras merah mpasi bayi
Foto beras merah organik untuk mpasi bayi

Berikut pilihan beras organik untuk bayi / MPASI yang bisa anda pertimbangkan :

a. Beras merah organik sangat baik disajikan sebagai MPASI untuk memberikan aroma yang meningkatkan nafsu makan si Kecil. Tak perlu khawatir tentang kandungan nutrisi karena beras merah dapat memenuhi asupan fosfor, magnesium, dan selenium bayi. Nutrisi tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kualitas jantung, otak, dan ginjal si Kecil serta menjaga keseimbangan pertumbuhan fisik dan otak.

b. Beras hitam organik mengandung serat dan protein tinggi. Bahkan kandungan gamma-aminobutyric ACID (GABA) pada beras hitam organik lebih tinggi sepuluh kali lipat dibanding beras biasa. Oleh karena itu, produk ini cocok untuk disajikan sebagai MPASI bayi agar si Kecil tidak mengalami sembelit sekaligus mendukung tumbuh kembangnya.

Seperti diketahui, protein sangat dibutuhkan bayi untuk perkembangan otak dan tulang. Sedangkan serat sangat bagus untuk melancarkan sistem pencernaan si Kecil.

c. Beras putih organik murni tidak mengandung bahan pengawet maupun pewarna sehingga aman digunakan sebagai MPASI bayi. Beras putih organik seperti beras menthik wangi / jenis menthik susu organik cocok untuk Mama yang sangat peduli pada asupan nutrisi buah hati.

Catatan : ingat ya bunda, walaupun beberapa pilihan beras organik untuk MPASI di atas aman untuk dikonsumsi si kecil, bunda tetap harus memerhatikan porsi makanan buah hatinya. Untuk bayi berusia enam sampai delapan bulan, sebaiknya hanya diberikan dua hingga tiga sendok makan bubur atau setara dengan 50 gram nasi saja sudah cukup.

D. Beras coklat bermanfaat dalam menekan timbulnya resiko diabetes type 2. hal ini diamini oleh Kristen Chang, seorang ahli diet olahraga kenamaan asal Virginia, Amerika Serikat.

tanda diabetes
Ilustrasi Tanda dan gejala diabetes by p2ptm.kemkes.go.id

8. Beras Organik Untuk Diabetes

Carin Beras dan Sumber Karbohidrat Sehat untuk penderita Diabetes?. Meskipun konsumsi nasi putih bisa meningkatkan gula darah, tidak berarti Anda harus berhenti mengkonsumsi karbohidrat sama sekali. Tubuh Anda membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi.

American Diabetes Association menyarankan batas aman asupan karbohidrat bagi penderita diabetes adalah sekitar 45-60 gram per satu kali makan (sama dengan setengah gelas) atau sebesar 135-180 gram karbohidrat per hari. Selain soal ukurannya, konsumsi karbohidrat untuk diabetes juga aman apabila Anda bisa memilih jenis karbohidrat kompleks yang mengandung serat tinggi.

Beberapa jenis beras organik memiliki indeks glikemik rendah. Indeks glikemik (IG) sendiri menunjukkan seberapa cepat karbohidrat dalam makanan dipecah menjadi glukosa.

Menurut penelitian dari Harvard Health Publishing, beras merah mengandung indeks glikemik sebesar 50 (IG rendah). Jadi, beras merah lebih aman dikonsumsi oleh penderita  diabetes. Selain itu, kandungan serat-nya yang lebih tinggi membuat konsumsi beras ini  tidak banyak memengaruhi kadar gula. Sebab beras tinggi serat ini dapat menghambat pelepasan glukosa (gula) ke dalam darah.

Selain beras merah, konsumsi beras hitam juga baik untuk diabetes. Menurut dr. M. Dejandra Rasnaya, beras hitam memiliki manfaat yang besar bagi penderita penyakit diabetes mellitus.

Beras hitam termasuk gandum utuh yang memiliki kandungan serat tinggi, dan memiliki zat antosianin yang merupakan antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh.

Serat yang tinggi pada beras hitam juga akan membuat penderita diabetes merasa kenyang lebih lama dan beras ini tidak menyebabkan peningkatan insulin di dalam tubuh dengan cepat, sehingga kadar gula darah akan lebih stabil.

Salah satu manfaat beras hitam untuk diabetes adalah untuk mencegah oksidasi radikal bebas. Perlu diketahui bahwa pada penderita diabetes, gula darah yang tinggi menyebabkan proses oksidasi dan menghasilkan radikal bebas yang akan merusak sel-sel dalam tubuh serta meningkatkan risiko penyakit kanker, jantung, dan stroke.

Nah, antosianin pada beras hitam yang bersifat antioksidan akan melawan radikal bebas dan melindungi Anda dari penyakit berbahaya.

Demikian manfaat beras hitam untuk penderita diabetes menurut dr. M. Dejandra Rasnaya, seperti dikutip Klikdokter.com.

9. Merk Beras Organik ?

merek beras organik
Logo Merek Brand Beras Organik


Setiap jenis beras organik sebenarnya memiliki manfaat, keunggulan dan kebaikan masing-masing. Ya, karena beras organik juga mempunyai banyak varian. Sebagian orang memilih berdasarkan merek saja.

Jadi di artikel ini kami tidak membahas apa saja jenis dan merek beras organik terbaik yang bisa Anda jadikan rekomendasi. Alasannya sederhana, karena kami juga menawarkan merk beras organik sendiri.

Supplier kami adalah produsen beras organik dengan brand Wellfarm. Nah, di Wellfarm pilihan jenis berasnya lengkap, mulai dari beras merah, putih, hitam, coklat, hingga beras mix. Memang jika beli beras merah organik misalnya, pilihan merek nya sangat banyak. Tapi di Wellfarm anda akan mendapatkan beras diet organik Riceslim yang tidak akan anda temukan di tempat lain.

Rekomendasi merk beras organik yang ditanam menggunakan metode penanaman ramah lingkungan / sistem budidaya organik sehingga lebih terbebas dari kontaminasi kandungan zat-zat kimia yang biasa digunakan sebagai penunjang pertumbuhan dan perawatan tanaman.

Jadi pilihannya ada ditangan anda masing-masing. Pilihan merek nya cukup banyak. Anda bisa menemukannya dengan mudah di berbagai marketplace atau serching via google.

10. Harga Beras Organik 

Harga beras organik terbaru berbagai merk di tahun 2021 ini khususnya jenis beras merah, beras coklat dan beras hitam bahkan juga beras putih di pasaran cenderung lebih mahal jika dibandingkan beras biasa. Namun manfaat kebaikan yang begitu banyak untuk kesehatan, sistem pertaniannya yang rumit, proses sertifikasi dan pengawasan yang ketat, serta permintaan pasar internasional yang sangat tinggi, membuat kita tetap membeli-nya.

Lagipula harga beras organik yang ditawarkan juga menyimpan manfaat lain yang tidak kalah penting untuk kita, dan untuk keseimbangan alam serta bumi kita. Dengan mengkonsumsi beras organik, kita juga telah turur serta mengangkat taraf hidup para petani kita, melindungi mereka, anak-anak mereka serta komunitas pertanian dari bahaya laten pestisida dan kimia.

Pada akhirnya, harga beras organik asli yang kita bayar sungguh teramat murah dibanding berbagai manfaat, keunggulan, dan kebaikan yang ditawarkannya untuk kita dan bumi kita.

Berikut tabel harga beras organik berbagai jenis dari supplier beras organik Wellfarm :

tabel harga beras organik
Info grafis, tabel harga beras organik

  

Jual Beli Beras Organik asli dari lereng merapi, kualitas super premium, hubungi Kami sekarang.

12. Peluang Usaha Beras Organik

peluang usaha beras organik
Gambar Peluang Usaha Beras Organik dari Wellfarm


Peluang usaha beras organik sangat mengguntungkan, dan kamu bisa memulainya dengan menjadi reseller atau dropshippper, agen atau distributor Online / Offline. Kamu bisa mulai dari rumah dengan modal kecil merintis sampai besar. Maklon juga bisa.

Asal tahu saja, beberapa anak muda milenial sukses raup omset 70 juta per bulan dari bisnis beras organik ini. Anda juga tidak akan kesulitan menemukan kisah cerita sukses para pebisnis beras di Indonesia. Cerita-cerita itu bukan bualan semata.  Banyak mitra bisnis Wellfarm yang sudah menikmati omset dan profit melimpah dari bisnis beras sehat ini.

Bisnis beras adalah salah satu Bisnis yang tidak pernah sepi pembeli, produk selalu dicari dan dbutuhkan konsumen setiap hari. Konsumen selalu beli lagi, beli kembali, jadi langganan tetap produk anda. Bagaimana, mau banget kan punya bisnis laris?.

Biar lebih jelas, berikut peluang usaha beras organik yang bisa kamu pilih :

12.1 Jadi produsen Suplier Bers Organik

Supplier adalah pihak/orang yang menyediakan bahan baku untuk diolah menjadi produk jadi atau setengah jadi. Sebagai supplier Anda bisa menjual beras organik ke pabrik beras atau anda kemas dengan brand anda sendiri.

Anda bisa mendapatkan pasokan beras organik dengan harga murah dan mengemasnya dengan brand/label/merek beras organik anda sendiri. Cukup belanja minimal Rp. 5 juta di Wellfarm, anda sudah bisa jadi supplier beras organik.

12.2 Jadi Distributor

Distributor adalah orang atau kelompok yang menyalurkan sebuah produk ke konsumen akhir dan atau pada pengecer. Sebagai distributor, anda bisa membeli produk beras organik kepada produsen seperti Wellfarm, kemudian menjualnya lagi dengan pengecer atau ke konsumen langsung.

12.3 Jadi Agen beras organik

Dengan menjadi agen beras organik Anda berpeluang meraup cuan yang menggiurkan. Selisih harga beli di prodosen sangat rendah yang artinya, potensi profit margin agen masih cukup lebar. Peluang ini juga menarik untuk anda yang sudah memiliki outlet sembako, apotik, toko online, toko/lapak dimarketplace, punya pertemanan luas di sosmed atau dunia nyata.

Nah, untuk menjadi agen beras organik, berikut Syarat & Ketentuan Agen Beras Organik Wellfarm :

a. Biaya Pendaftaran & Belanja Stock Awal 20Kg

b. Ongkir ditanggung Agen, kami bantu carikan ekspedisi termurah.

c. Langsung mendapatkan 4 pcs produk Wellfarm

d. Bebas pilih produk

e. Bebas jual dimana saja (online/offline)

f. Tidak ada target penjualan bulanan.

g. Support marketing kit produk produk Wellfarm.

h. Support pendampingan bisnis.

12.4 jadi reseller atau dropshipper

reseller dropship beras organik
Ilustrasi Reseller dropship beras organik


Mau bisnis beras organik tapi belum punya modal besar. gampang. Salah satu peluang usaha beras organik sehat dan menguntungkan ini bisa kami mulai sekarang. Produsen Supplier beras organik Wellfarm telah meluncurkan open reseller dan dropshipper dengan modal cuma 100 ribuan, potensi profit jutaan per bulan.

Peluang usaha reseller jualan online beras organik sehat ini cocok untuk pemula karena semua kebutuhan marketing, edukasi, website, bimbingan sudah disiapkan oleh pihak produsen tangan pertama.

12.5 Affilate marketing GRATIS!

Dengan mendaftar sebagai member affiliasi di Wellfar kamu berkesempatan mendaapatkan Komisi Rp 50.000,00 per member yang bisa anda rekrut melalui link affiliate-mu. Komisi langsung ditransfer dalam 3 hari, tanpa minimal payout. Daftar program affiliasi komisi besar Wellfarm, kamu bisa gajian tiap hari.

Peluang Usaha Afiliasi Marketing Online ini mudah dan 100% gratis. Kesempatan terbatas!. Hanya untuk 50 orang saja!. Saat ini mungkin kuotanya tingga 10 atau malah tersisa 1 slot saja. Join sekarang Klik Disini!

13. Jenis Jenis Beras Organik

jenis jenis beras organik
jenis jenis beras organik


Jika mengacu pada jenis-jenis beras organik yang beredar di market, setidaknya terdapat 6 Jenis beras organik yang beredar di Indonesia. Jenis beras organik ini biasanya dibedakan oleh warna dan cara pengolaha hasil panen dari gabahnya.

Jenis Jenis Beras Organik Yang Populer di Indonesia

a. Beras Putih Organik (oryza sativa)

Beras putih organik adalah jenis yang paling familiar dan banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Beras putih memiliki berbagai jenis atau variates diantanya; beras putih pandan wangi, menthik susu, menthik wangi susu, beras batang lembang, menthik wangi, beras putih c4, rojo lele, dan lain – lain.

b. Beras Merah Organik (oryza glaberrima)

Beras merah organik umumnya dibedakan menjadi 2 varian yakni ; beras merah pecah kulit, dan beras merah sosoh. Beras merah utuh punya 3 bagian yaitu endosperm yang mengandung karbohidrat, germ yang kaya nutrisi, dan dedak atau sekam yang tinggi serat. Selain itu belakangan juga muncul variates baru seperti beras merah wangi, dll.

c. Beras Coklat Organik (brown rice organic)

Beras cokelat adalah jenis padi yang sama dengan beras putih. Hanya saja, dalam prosesnya brown rice cuma dihilangkan bagian terluar kulit padi, sehingga memiliki warna yang cokelat / warna sekam. Beras coklat organik dikenal lebih kaya serat, mangan, seng serta vitamin B6.

gambar beras hitam organik


d. Beras Hitam Organik (oryza sativa L. Indica)

Beras hitam sebenarnya adalah kumpulan berbagai jenis beras dari spesies Oryza sativa L., termasuk beberapa di antaranya adalah beras ketan. Bulir beras hitam utuh mempertahankan semua sifat alaminya karena beras ini tidak melalui proses pemutihan. Penggunaan beras hitam kini telah populer di negara-negara Barat seperti Amerika Serikat, dimana penggunaan varietas beras tersebut mulai diperkenalkan di sana sejak tahun 1990-an.

Di kawasan Asia, beras hitam telah dipergunakan oleh masyarakat China sejak ribuan tahun yang lalu, dimana waktu itu beras hitam hanya disediakan untuk kalangan tertentu saja, yaitu kaisar atau keluarga kerajaan dan para golongan elit.

gambar beras mix organik
Contoh beras mix organik


e. Beras Mix Organik

Beras mix adalah beras campuran dari beberapa jenis beras organik. Beras mix diklaim mimiliki rasa lebih enak serta kandungan serat, nutrisi, dan protein lebih tinggi karena terdiri dari berbagai jenis beras organik seperti merah, hitam, coklat dan putih. Selain itu beras mix membuat anda tidak lagi pusing dan repot karena harus menyimpan banyak jenis beras dan memasaknya berkali-kali.

Bayangkan betapa pusingnya jika harus menyimpan 4 jenis beras dan melakukan stock dirumah. Belum lagi, anda akan sangat kerepotan jika harus masak nasi berkali-kali karena harus masak beras merah untuk diet anda, masak beras putih untuk si kecil, masak beras coklat dan hitam buat anggota keluarga yang menderita diabetes. Beras mix adalah solusi anti repot untuk urusan tersebut.

Beras mix organik juga bisa menjadi solusi untuk konsumsi harian semua anggota keluarga dirumah. Contohnya beras mix campuran beras merah organik, beras coklat dan beras hitam organik. Beras campuran atau beras mix ini bisa bisa jadi solusi bagi anda yang ingin mendapatkan manfaat beras organik hitam, putih dan merah tanpa mengurangi selera makan karena belum terbiasa dengan nasi berwarna.

Dengan beras mix ini, anda juga bisa memenuhi kebutuhan perkembangan otak anak melalui beras merah, beras hitam untuk anggota keluarga yang sedang melakukan diet sehat, sekaligus baik untuk menghindari resiko terkena diabetes type 2.

Selain itu cukup membantu juga bagi anda penikmat beras putih yang belum terbiasa menimati jenis beras hitam atau merah / beras coklat. [Baca : bunda pintar pilih beras organik]

f. Beras Mix Organik Khusus

Anda tentu sudah tak asing lagi dengan MADU. Tapi bagaimana dengan madu lambung, madu diabetes, madi penggemukan, madu pelangisng, madu magh, dan seterusnya. Apakah anda bisa membedakannya?. Tentu saja tidak, semua produsen yang memasarkan madu khusus (misal madu kejantanan), tidak akan memberikan informasi resep asli-nya kepada anda bukan?!.

Sederhananya, seperti itulah beras mix organik khusus. Beras organik dengan tema, tujuan, branding, dan merk khsusu seperti beras kejantanan, atau apapun namanya, adalah beras organik asli yang diracih khusus oleh produsen, dengan kaidah, takaran, ukuran, pengujian, dan pertimbangan tersendiri.

Setelah diracik (misal campuran beras organik putih menthik wangi dengan beras organik C4), beras tersebut diuji, dikaji, diteliti, dan terakhir dikemas dengan branding khusus. Disebut beras diabetes atau beras penggemukan, misalnya.

Jika beras mix hanya campuran biasa dari beberapa beras berwarna, beras mix organik khusus merupakan campuran dari beberapa beras berwarna dengan mempertimbangan dan memperhatikan variates, kandungan nutrisi, serat, vitamin, dan kandungan lainnya dari campuran tersebut.

Biar tidak bingung dan tidak salah pilih, berikut gambar / gallery foto dan video beras organik kemasan dari salah satu brand di Indonesia.

14 Produsen Supplier Beras Organik

Produsen beras organik tangan pertama, beras sehat dan lebih enak, halal, produk selalu segar, dengan kualitas premium. Semua produk Wellfarm beras organik telah memiliki sertifikat organik dari lembaga yang diakui.

Tersedia beras merah organik, beras coklat, beras hitam oganik, beras diet, beras diabetes, dan beras jantung yang sehat, enak pulen dan aman dikonsumsi sehari-hari bahkan untuk mpasi bayi dan disukai anak-anak.

Untuk anda yang ingin beli beras sehat, beralih mengkonsumsi produk organik, atau menerapkan pola hidup serta pola akan sehat, order produk Wellfarm di berbagai marketplace online seller,swalayan dan minimarket mitra resmi reseller distributor Wellfarm di kota Anda.

Jika anda tidak menemukan penjual produk beras organik Wellfarm di wilayah Anda, silahkan hubungi kami. Anda juga bisa bergabung dan mendaftar sebagai mitra penjual resmi berbagai produk Wellfarm di kota Anda, dengan harga terjangkau, modal awal kecil, pengiriman murah.

Beberapa produk pangan sehat dan beras asli dari lereng merapi dengan merek Wellfarm antara lain : beras putih organik, beras merah organik, beras hitam organik, dan beras coklat organik.

Selain itu juga tersedia varian beras pandan wangi organik dan menthik wangi susu organik, mentik wangi, beras diabetes organik, beras diet organik dan kecap manis organik.

Wellfarm Beras Organik Kualitas Premium, Asli Dari Bumi Lereng Merapi

Wellfarm sebagai produsen beras organik bersertifikat telah melakukan pengawasan ketat secara internal terhadap beras organik yang kami produksi untuk memastikan bahwa beras organik adalah benar-benar organik alami, bukan sekedar label atau embel-embel dagang saja.

Selain menggunakan bibit lokal pilihan, dan dibudidayakan pada lahan yang bebas dari unsur pestisida, organic rice hasil produksi Wellfarm juga telah memiliki sertifikat organik.

Berbagai produk Wellfarm beras organik yang dijual oleh mitra-mitra ritel kami antara lain :

Beras putih organik

Beras merah organik

Beras hitam organik

Beras coklat organik

Beras pandan wangi organik

Beras menthik wangi susu organik

Beras Diet Organik

Beras Diabet Organik

Beras OBIRICE Untuk Kesehatan Jantung

Beras organik untuk MPASI Bayi/anak, kemasan praktis dan ekonomis 300gram.

Kecap manis organik

15. Gambar & Video Beras Organik

Demikan artikel ulsan lengkap mengenai semua hal tentang beras organik yang harus anda diketahui. Artikel ini komplit, membahas tentang Beras Organik : Keunggulan, Manfaat, Jenis, Harga, Merk Dan Ciri-Cirinya termasuk juga Gambar Serta Videonya di bawah ini. Jika anda masih memiliki pertanyaan lain,silahkan isi dalam kolom komentar dibawah artikel ini / hubungi kontak kami.

 

gambar beras organik