Lompat ke konten
WellFarm » Artikel » Melirik Peluang Usaha Distributor Beras Organik

Melirik Peluang Usaha Distributor Beras Organik

Untuk anda yang sedang Menilik Peluang Usaha Distributor Beras, bisnis beras organik sudah tentu menjadi salah satu usaha menjanjikan modal kecil yang harus dipertimbangkan. Kabar baiknya, jenis beras khusus menawarkan potensi profit yang lebih besar ketimbang usaha jual beli beras biasa non organik.

Alasannya simple; masyarakat Indonesia menjadikan beras sebagai makanan pokok yang tidak akan tergantikan. Tidak hanya di daerah pedesaan, dikota-kota besar sekalipun nasi masih menjadi hidangan wajib. Tidak heran jika konsumsi beras nasional terus meningkat dari tahun ke tahun.

v

Peluang Usaha Distributor Beras Organik, Modal Terjangkau Profit Ideal

Apa yang dimaksud dengan distributor?

Secara sederhana, pengertian distributor adalah individu / kelompok / badan yang membeli produk secara langsung dari produsen (supplier) kemudian menjual kembali ke retailer / pengecer, dan sekaligus menjual langsung ke konsumen akhir (end user). Jual grosir dan eceran berbagai jenis varian beras organik: inilah bisnis distributor beras organik.

Dalam menjalankan usahanya, distributor membeli berbagai produk yang sudah jadi dan siap digunakan tanpa perlu melakukan pekerjaan lain seperti pengemasan, pezinan, dll.

Dalam sistem perdagangan, distributor adalah rantai pertama setelah produsen. Distributor bisa dalam bentuk perorangan atau perusahaan yang membeli produk secara langsung dari produsen dalam jumlah yang sangat besar sehingga mendapatkan harga lebih murah.

Pada sistem kemitraan distribusi bers organik dari Wellfarm, distributor mendapatkan hak istimewa, yakni keep market per wilayah setingkat kota / kabupaten. Artinya dengan bergabung menjadi distributor beras organik merek Wellfarm, anda berkuasa penuh untuk wilayah Anda.

Fungsi Mitra Distributor Dalam Usaha Beras Organik Wellfarm?

1. Distributor membeli produk berupa berbagai jenis beras organik, kecap organik, bumbu kaldu organik, dan produk lainnya dari Wellfrm selaku produsen secara langsung. Produk kemudian didistribusikan ke pedagang mitra (termasuk agen, reseller dropshipper) serta jual ke konsumen langsung.

2. Distributor sebelum menyalurkan beras kepada pedagang lain atau konsumen langsung, juga bertugas menyimpan produk dalam waktu tertentu. maka sebaiknya distributor memiliki gudang / ruang penyimpanan stock sementara untuk produk-produk yang belum terjual.

3. Penjualan produk oleh distributor beras organik Wellfarm lebih ditujukan ke pedagang lain (mitra B2B) di wilayahnya, pengecer ataupun kepada konsumen akhir di kotanya.

4. Distributor juga bertanggungjawab dalam pemindahan produk dari produsen ke pedagang kecil atau ke konsumen langsung di wilayahnya masing-masing. Ketika distributor mendapatkan rekanan mitra pedagang eceran, minimarket, online store, reseller di wilayahnya, pengiriman stock produk harus diperhatikan oleh distributor, agar stock produk di market selalu terjaga.

5. Distributor beras organik, harus mengetahui detail informasi semua produk yang dipasarkan (informasi produk ini bisa didapatkan dari supplier), begitu juga dengan perkiraan / penetapan harga dan ketersediaan produknya.

6. Distributor juga memiliki fungsi promosi, yakni ikut serta mengenalkan berbagai produk Wellfarm kepada konsumen di wilayahnya.

Perbedaan Antara distributor dan reseller Agen beras organik

Sebagai penghubung antara produsen dan konsumen, terdapat beberapa perbedaan mendasar antara distributor, agen dan reseller atatu dropshipper. Ketiga-nya, dibedakan berdasarkan penghasilan yang didapatkannya.

Distributor Beras Organik

Distributor beras organik bisa kelompok, badan usaha, atau perorangan yang membeli produk dari produsen / supplier beras kemudian dijual kembali pada pedagang lain atau konsumen langsung. Nah perantara lain ini bisa bermacam-macam, antara lain agen, reseller, hingga dropshipper.

Agen Beras Organik

Agen adalah seorang atau kelompok tim yang menjadi kepanjangan tangan dari distributor. Agen beras bertugas menjangkau konsumen yang tidak bisa dijangkau langsung oleh distributor. Biasanya agen juga mengambil barang dari distributor yang ada di wilayahnya. Agen juga bisa mengambil produk langsung pada supplier, namun Agen tidak memiliki hak untuk mewakili supplier dalam menjual produk kepada pedagang ritel di wilayah.

Reseller beras organik

Reseller beras organik adalah orang pribadi yang mengambil barang untuk dijual kembali langsung ke konsumen. Usaha reseller produk organik kini tengah digandrungi terlebih dengan perkembangan jual beli online yang semakin pesat.

Mengenal Beras Organik Merek Wellfarm

Beras organik dari PT. Wellfrm Inspira Nusantara (Wellfarm) adalah beras pilihan keluarga masa kini. Kami sangat memahami, selera dan preferensi rasa dari setiap orang berbeda-beda, ada yang menyukai beras merah, ada juga yang menyukai beras putih wangi, ada juga yang menyukai beras mentik. Baca juga : Join sebagai mitra resmi Wellfarm.

Belakangan ini semakin banyak masyarakat yang beralih mengkonsumsi beras coklat, beras hitam organik, dan beras mix campuran serta beras khusus seperti beras diet, beras iG rendah untuk diabetes, dll.

Untuk menjawab selera konsumen dan tren konsumsi beras beras sehat di tanah air, kami terus menghadirkan beberapa macam varian jenis beras organik dengan tetap mengutamakan kualitas produk.

Kami bekerjasama dengan para petani pilihan, dan memastikan mereka mendpatkan harga jual yang tinggi. Kami percaya beras organik bukan hanya enak, tapi lebih dari sekedar makanan, pertanian organik pada akhirnya membuat kehidupan lebih baik.

Lebih baik bagi konsumen, lebih baik untuk para petani, keluarga dan komunitas pedesaan. Dan, tentu saja lebih baik untuk kelangsungan bumi, ekosistem, dan planet kita.

Analisis PeluangUsaha Distributor Beras Organik

Bisnis usaha jualan beras (termasuk bisnis distributor beras organik) tidak membutuhkan pengelolaan yang rumit dan berat.

FAKTA : Dalam menjalankan usaha jualan beras, Anda tidak memerlukan peralatan yang terlalu rumit dan mahal. Produk beras organik Wellfarm yang anda terima sudah dikemas modern, dan siap dipasarkan.

Beras adalah kebutuhan pokok, poduk sellu dibutuhkan.

FAKTA : beras adalah makanan pokok masyarakat Indonesia. Semua orang butuh beras / nasi setiap hari. Apalagi tren gaya hidup sehat dan pola makan sehat semakin digemari.

Anda tidak memerlukan modal yang besar untuk memulai usaha distributor beras organik.

FAKTA : Dengan awal modal 5 juta rupiah, anda sudah bisa memulai usaha jual beras organik sebagai mitra distributor Wellfarm ditingkat kota / kabupaten.

Sumber beras ada di setiap daerah di Indonesia, kenapa harus jadi mitra Wellfarm?.

FAKTA : sayangnya pasokan beras organik tersertifikasi resmi masih terbatas di Indonesia. Anda harus mencari produsen supplier beras organik tangan pertama, agar mendapatkan harga grosir murah dan pasokan selalu terjaga.

Tapi, di kota / kabupaten manapun anda berada, kami siap mengirimkan berbagai jenis produk beras organik ke kota Anda.

Jualan Sendiri + Distribusi B2B

Jika anda tinggal di wilayah perkotaan dan sedang mencari supplier berasorganik, maka anda dapat bekerja sama dengan Wellfarm. Kami siap memasok berbagai jenis beras organik asli, langsung dari hasil pertanian dataran tinggi merapi Yogyakarta dans ekitarnya, di kota manapun anda berada.

Selanjutnya, anda bisa menjalankan usaha distribusi beras sehat ini kepada konsumen dan sangat disarankan untuk mencari rekanan pengecer, reseller / dropshipper anda sendiri.

Apa sajakah hambatan dalam menjalankan usaha distribusi beras organik?

Di dalam menjalankan suatu usaha, tentunya anda akan menemukan hambatan. Terdapat beberapa hal yang perlu anda ketahui dan layak menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk memulai bisnis distributor berbagai jenis beras organik tersertifikasi, antara lain ;

Sulit untuk mencari pemasok beras yang berkualitas : (saat ini anda sedang berada di situs pemasok / supplier beras organik tangan pertama. Masalah ini ssudah selesai).

Beras yang terlalu lama tidak laku akan beresiko rusak : (beras organik Wellfarm sudah dikemas dengan vacuum, aman di daalm gudang hingga 12 bulan / 1 tahun).

Ketika datang musim hujan, proses pengantaran mungkin akan terhambat : tidak peduli musim hujan atau musim hujan, order stock mitra disttibutor akan segera kami proses setelah pembayaran kami terima. Lama pengiriman tergantung ekspedisi dan urutan PO masing-masing mitra.

Terjadi kelangkaan untuk stok beras yang paling banyak diminati : seiring berjalannya usaha, anda tentu akan memahami jenis beras organik paling laris di wilayah Anda. Anda bisa melakukan order PO sesuai permintaan market. Anda bebas memilih jenis beras untuk dijual dan dipasarkan di kota / kabupaten Anda.

Analisa Usaha Beras Organik Agar Sukses dan Untung Besar

Masih ragu untuk menjadi sitributor beras organik Wellfarm. Mari kita lihat analisa usaha beras organik di bawah ini, sebagai gambaran awal dengan hitungan sederhana.

Pembelian awal stock beras organik 20.000 per kg (harga rata-rata)

Jumlah pembelian 300 kg

Modal awal pembelian Rp.6.000.000

Rendement (pembuangan setelah dibersihkan) TIDAK ADA

Hasil bersih 300 kg

Biaya – biaya Usaha

Biaya Pengiriman 300 kg (Rp.1.000 per kg) Rp.300.000

Biaya pembersihan (TIDAK ADA)

Upah angkat Rp.50.000

Pengepakan/pengemasan TIDAK ADA (produk sudah dikemas dengan standard makanan organik)

Listrik per 300 kg NIHIL

Total biaya modal Rp.6.350.000

Harga Pokok Penjualan (HPP)

Pembelian (untuk 300 kg) Rp.6.000.000

Biaya Rp. 350.000

Total HPP Rp.6.350.000

HPP per kilogram Rp. 21.167

Penjualan

Harga jual per kg Rp. 27.000 (asumsi rata-rata untuk harga ke pedagang eceran / B2B)

HPP per kg Rp.21.167

Laba bersih per kg Rp. 5.833 (jauh lebih besar dibanding profit usaha beras non organik)

Rugi/laba per 300 kg per minggu

Penjualan 300 kg  (kemasan langsung dari produsen) Rp.8.100.000

HPP pembelian 300 Kg  = Rp.6.350.000

Laba penjualan 300 Kg = Rp. 1.750.000

Pendapatan dalam 1 bulan (laba x 4) Rp.7.000.000

Catatan : jika anda menjual langsung kepda konsumen akhir, profit marjin anda akan lebih besar lagi.

produk wellfarm

 

Bagaimana cara menjual beras organik 300kg per minggu?

Jika anda mengambil kemitraan sebagai distributor beras organik Wellfarm, maka dalam 1 kota / kabupaten Anda tidak akan punya pesaing. Artinya tidak ada penjual / distributor lain yang bersaing dengan usaha Anda. Jadi anda bisa menjangkau sebanyak mungkin mitra pengecer, reseller, dropshipper di kota kabupaten Anda.

Promosikan produk pada minimarket lokal yang punya cukup banyak cabang / outlet. Atau gandeng sebanyak mungkin toko, minimarket, swalayan, apotik, warung /cafe / resto di wilayah Anda.

Jika anda sukses merangkul 15 mitra lokal, pekerjaan anda menjadi sangat sederhana.

1 outlet mitra order 20 Kg / minggu

20 x 15 mitra = 300Kg / minggu

Kesimpulannya, untuk menjual 300Kg stock beras organik, distributor hanya membutuhkan 10-15 mitra B2B. Ingat jika anda juga melakukan penjulan sendiri langsung pada konsumen B2C, profit anda akan lebih besar lagi.

Apakah di kota / kabupaten Anda, banyak toko, warung, minimarket, swalayan, apotik, restoran, hotel, cafe, catering, dll. Ini peluang bagus untuk Anda. Segera bergabung sebagai mitra distributor beras organik Wellfarm, jadilah yang pertama, terbesar, dan satu-satunya di Wilayah Anda.

Kalau saya ingin menjadi distributor yang mengendalikan wilayah setingkat provinsi apakah bisa?. Silahkan hubungi kontak kami.

Tips Sukses : Menjadi Distributor Beras Organik

Untuk bisa sukses menjadi seorang distributor, berikut beberapa tips yang dapat yang bisa diterapkan.

Membangun Rantai Distributor

Anda bisa melakukan perluasan pemasaran produk beras organik dari produsen dengan membangun mitra penyalur dibawah anda, hal ini akan membantu memutar barang dan memasarkan produk dengan cepat.

Berikan Harga yang Terbaik

Memang untuk bisa mendapatkan harga yang jauh lebih baik dari produsen tidaklah mudah. Karena ini perlu melakukan banyak hal yang mesti dibicarakan dengan si produsen. Setelah mendapatkan harga yang terbaik sebagai seorang penyalur sebaiknya kamu tidak menaikkan harga yang terlalu tinggi. Karena harga barang yang akan kamu jual kembali nantinya akan secara otomatis naik saat di jual lagi oleh para pemasar kamu berikutnya.

Memutar Produk

Hal yang paling sulit adalah untuk memutar barang dengan cepat. Pastikan kalian memberikan penawaran-penawaran yang menarik kepada para penyalur kalian, mulailah coba melakukan kerjasama dengan para penyalur dibawah kalian, dan open dropship program. Ini akan membantu barang kalian cepat keluar dan berputar.

Bagaimana Cara Bergabung Menjadi Distributor Beras Organik ?

Mau Gabung Jadi Mitra Usaha Beras Organik Wellfarm Profit hingga 40%?. Anda punya / pemilik toko online / offline, atau sedang cari peluang bisnis untuk menambah penghasilan?.

Join sebagai distributor produk laris beras organik asli, serta berbagai produk sehat lainnya langsung dari supplier tangan pertama.

120+ Mitra Telah Bergabung

96% Mitra Online / Offline Store Rutin Repeat Order Setiap Bulan

Informasi detail, mau yanya-tanya dulu, minta priclist katalog, Kontak Kami Sekarang juga.

Tlp/ WA : 082-182-988-898 atau Email : info@wellfarm.id