Lompat ke konten
WellFarm » Blog » Bisnis » Peluang Usaha Modal Kecil Paling Menjanjikan di Tahun 2021

Peluang Usaha Modal Kecil Paling Menjanjikan di Tahun 2021

Cari peluang usaha modal kecil yang menjanjikan tapi belum ketemu ide yang menarik?. Sudah punya ide bisnis bagus tapi belum dijalankan karena modal terbatas?. Atau, mau tahu tips sukses menjalankan bisnis dengan modal terbatas?.

Yuk, simak artikel ini sampai selesai. Temukan ide bisnis dan inspirasi usaha yang cocok untuk kamu.

Sebagai catatan, artikel ini disusun selama 14 hari. Jadi bukan ditulis asal jadi yang dibuat hanya untuk menaikkan jumlah pengunjung blog kami loh ya.

Sebagian besar “peluang usaha” atau “peluang bisnis” yang ada dalam ulasan ini merupakan hasil pengalaman pribadi. Sebagian sudah pernah penulis jalani. Ada pula inspirasi yang datang dari cerita teman-teman pengusaha yang penulis kenal.

Entah bisninya cocok atau tidak untuk kamu. Menarik dan menguntungkan atau tidak menurut penilianmu. Tapi kebanyakan jenis usaha dan peluang bisnis dalam artikel ini bisa kamu mulai dengan modal kecil.

Dan, jangan salah lho. Usaha modal kecil juga banyak yang menguntungkan dan bisa banget menghasilkan omset miliaran.

Sebagai renungan, salah satu pengusaha terkaya di dunia Warren Buffet. pernah memberikan wejangan yang isinya kurang lebih seperti ini;

‘seandainya dulu Bill Gates bisnis jual beras organik, dia akan tetap menjadi orang terkaya di dunia’.

Tapi di lain waktu, beliau juga berkata begini;

‘kalau bisnis-nya bagus, dijalankan orang bodoh sekalipun hasilnya akan tetap bagus dan menguntungkan’.

Terakhir, ini nasehat dari seorang kawan. Kalau kamu sudah yakin mau bisnis, start aja dulu sempurnakan sambil jalan. Jangan nunggu sempurna.

Usaha Warung Kelontong

peluang usaha warung sembako

Ilustrasi : usaha warung kelontong, jual sembako dan kebutuhan sehari-hari lainnya

Usaha warung kelontong, jualan kebutuhan sehari-hari (sembako) bisa kamu pertimbangkan untuk memulai bisnis pertamamu. Tidak terkecuali untuk kamu yang tinggal di desa. Penulis sedikit-sedikit memahami bisnis toko sembako karena, sudah tak asing lagi dengan usaha ini.

Kebetulan sejak kelas 5 sekolah dasar orang tua dikampung mulai merintis bisnis warung kelontong. Bisnis orang tua kala itu sederhana.

Jual beras dan berbagai kebutuhan bahan pokok lainnya. Ukuran toko-nya kecil kisaran 2,5 x 2,5 meter. Ruang toko ini awalnya sebuah kamar tidur yang dindingnya dibobol.

Apakah potensi usaha warung sembako menjajikan?

Kalau ditekuni dengan sungguh-sungguh, diberikan sentuhan kreatifitas dan sedikit inovasi, peluangnya sangat besar.

Siapa yang tahu berawal dari warung kecil dirumah, kamu bisa mendirikan jaringan minimarket dengan banyak cabang / outlet yang tersebar luas seperti indomaret, alfamart, intimart, dan mart-mart sukses lainnya.

Kalau tidak salah ingat, dari bisnis sembako di ruangan kecil, dalam gang sekolah di desa kecil itulah orang tua penulis bisa menyekolahkan anak-anaknya dan menafkahi keluarga.

Tips : kamu bisa menyiasati modal usaha warung kelontong. Salah satunya dengan mencari pemasok / supplier yang menawarkan pembayaran stock-nya dibelakang. Setelah barang-barangnya laku.

Atau pembayarannya bisa dicicil mingguan sesuai jumlah produk terjual. Buat pembukuan keuangan yang rapi. Contoh inovasi, hadirkan produk-produk yang menargetkan konsumen khusus.

Misalnya, hadirkan produk yang mendukung gaya hidup sehat seperti beras organik, sayur organik, bumbu non msg, kecap organik, dll di tokomu. Kemudian coba jualan di internet, marketplace, dan sosmed. Tips lainnya, ya kamu cari sendiri.

Peluang Bisnis Travel Wisata

peluang bisnis tour travel wisata

Peluang bisnis tour & travel wisata modal kecil masih cukup menjanjikan

Meski wabah pandemi covid-19 menghancurkan banyak bisnis tour and travel serta bisnis jasa pariwisata lainnya. Tapi peluang usaha travel agen tetap cukup menjanjikan kedepannya. Apalagi jika kelak pandemi corona sudah usai.

Penulis berani mengatakan usaha ini cukup menguntungkan karena beberapa lasan. Pertama, penulis sudah menjalankan usaha dibidang pariwisata khususnya travel agen perjalanan wisata selama 1 dekade (10 tahun).

Dari usaha travel ini, penulis bisa menafkahi anak istri, dan menjalankan kehidupan normal seperti kebanyakan keluarga lainnya yang patut kami syukuri.

Kedua, bisnis travel merupakan salah satu peluang usaha modal kecil yang menjanjikan dan cukup mudah dijalankan. Ketiga, banyak produk / jasa yang bisa kita kreasikan dan tawarkan pada konsumen dalam bisnis ini.

Terakhir, jika kamu suka jalan-jalan, usaha travel agen bisa memberikan double keuntungan : kamu bisa terus jalan-jalan dan disaat yang sama mendapatkan pemasukan keuntungan lumayan.

Tips mulai usaha travel modal kecil : join sebagi agen dari perusahaan travel mapan. Buka layanan tertentu saja yang tidak butuh permodalan besar, misalnya : buka jasa travel konsultan, jualan paket-paket tour dari biro perjalanan wisata lain, dll.

Jangan lupa manfaatkan media promosi online, baik melalui blog, sosial media, marketplace travel, dll.

Bisnis Rental Mobil

bisnis rental mobil

Bisnis Rental Mobil Dengan Modal Kecil dan sangat menajinkan, pasca pandemi.

Peluang usaha rental / sewa kendaraan layak kamu lirik. Banyak teman penulis yang menjalankan usaha ini. Tidak mengherankan memang, karena potensi laba bisnis rental mobil cukup menggiurkan.

Sebagai gambaran, berikut asumsi perhitungan sederhana bisnis sewa mobil. Misal biaya tarif sewa perhari di patok Rp 300 ribu (lepas kunci, belum termasuk sopir dan bbm) untuk mobil Avanza / Xenia.

Maka laba kotor sebulan adalah 300 ribu x 30 hari = 9 juta rupiah. Asumsikan saja, dalam 1 bulan kita bisa menyewakan 25 hari saja, maka omsetnya Rp. 7.500.000.

Dipotong 4 juta untuk bayar angsuran leasing alias cicilan kredit mobil, kamu masih bisa mengantongi peofit 3,5 juta sebulan. Ini hanya dari 1 mobil saja. Kalau kamu bisa memiliki 5 mobil, maka profit bulanannya bisa mencapai Rp.17.500.000,00 per bulan. Luamayan bukan?!.

Tapi perlu di ingat, itu hanya contoh perhitungan sederhana di atas kertas saja. Kenyataannya tentu saja tidak sesederhana itu. Meski secara umum keuntungan bisnis sewa mobil ini bikin ngiler. Tapi semua tergantung kita pintar-pintar mencari orderan, saja dan merawat mobilnya.

Tips singkat usaha sewa mobil : promosi di internet harus gencar, buat website, optimasi, dan iklankan. Rawat mobil sebaik mungkin. Berikan syarat yang ketat untuk penyewaan tanpa supir. Perluas jaringan pertemanan. Bergabung dalam asosiasi.

Catatan : walaupun peluang bisnis rental mobil terlihat menarik, tapi usaha ini juga memiliki resiko yang cukup tinggi. Pandemi covid-19 juga memukul dengan telak bisnis yang satu ini.

Peluang Usaha Properti

bisnis jual beli properti

Peluang bisnis jual beli properti, agen properti bisa dimulai dengan modail kecil

Sebagian orang masih beranggapan jika bisnis properti adalah bisnis yang ribet, butuh modal besar, butuh ilmu yang tinggi dan banyak aspek lain yang harus dikuasi : perizinan, pajak, dan arsitek, dll. Anggapan inilah yang membuat banyak orang mundur dan menghindari usaha di bidang properti.

Meski anggapan tersebut tidak sepnuhnya salah, tapi peluang bisnis ini bukan tidak mungkin dimulai dengan modal kecil.

Contoh jika kamu belum mampu membangun sebuah proyek kota baru seperti pengembang-pengembang ternama di tanah air. Kamu bisa kok mulai proyek peroperti dengan hanya membangun 1-5 rumah saja.

kalau proyek itu masih dianggap terlalu besar, kamu bisa memilih proyek properti jual-beli tanah kavling.

Seorang teman penulis pernah merintis bisnis dibidang properti dengan modal awal 50-juta. Modal itu pun tidak keluar dari kantong pribadinya. Melainkan ia dapat dengan mengajak rekanan investor.

Proyeknya apa?. Tidak ada. Dengan modal tersbut, ia membuka usaha agen properti. Cari listing, memasarkan proyek-proyek properti perusahaan ataupun masyarakat umum yang mau jual propertinya.

Satu tahun berjalan, ia sukses membangun banyak relasi, baik calon buyer, pemodal, hingga orang-orang yang mau jual rumah atau tanah. Singkat cerita, dari relasi itu, ia akhirnya sukses memulai proyek pertamanya. Membuka lahan tanah kavling murah meriah.

Dan, sekali lagi, proyek tersebut ia kerjakan dengan modal orang lain (menggandeng investor). Menurut pengakuannya, hingga sukses seperti sekarang ini sebagai pengusaha properti tanah kavling, ia hampir tidak keluar modal.

Banyak kisah sukses pengembang, pengusaha properti kecil hingga besar lainnya yang sangat menginspirasi. Kamu bisa cari sendiri. Yang pasti, bisnis properti sangat mungkin di mulai dengan modal kecil-kecilan.

Peluang Usaha Event Organizer

bisnis event organizer eo

peluang bisnis event organizer eo menjanjikan. Image by : bangkatour.com

Meski bisnis EO termasuk usaha yang sangat terdampak pandemi, namun peluangnya untuk bangkit kembali tetap terbuka. Event organizer (EO) adalah jasa penyelenggara acara. Tugas dari EO adalah membantu kliennya (client) untuk dapat menyelenggarakan acara yang diinginkan.

Kadang jasa ini diperlukan karena keterbatasan sumber daya atau waktu yang dimiliki klien. Namun pengguna jasa EO umumnya memerlukan usaha jasa ini karena alasan agar penyelenggaraannya lebih profesional sehingga hasilnya lebih bagus daripada bila dikerjakan sendiri.

Bisnis ini sangat bisa kamu mulai dengan modal kecil. Alih-alih membutuhkan modal awal yang besar, yang paling kamu butuhkan dalam bisnis event organizer adalah team dan jaringan.

Banyak layanan dan jasa bisa kamu lakukan dengan berbisnis EO. Jika punya modal dan jaringan bagus, kami bisa fokus pada penyelenggaraan berbagai jenis acara hingga skala internasional. Tapi untuk pemula, ini terlalu berat.

Kamu bisa memilih, sebagai penyedia jasa MICE (baca : m.i.c.e), yakni EO khusus penyelenggara acara berbentuk pertemuan. Bisa juga fokus pada jasa brand activation.

Membantu perusahaan lain untuk meningkatan penjualan, peningkatan pengenalan merk pada konsumen, dengan berinteraksi langsung ke target market-nya.

Pilihan lainnya adalah fokuskan jasa Event organizermu pada event Musik dan Hiburan konser, Wedding Organizer (W.O), membuat pesta ulang tahun termasuk untuk anak-anak, dll.

Jika nanti kamu berencana memulai bisnis EO dengan modal kecil, jangan lupakan internet. Segera setelah bisnis event organizernya jadi, promosi di internet, buat website professionl, buat profile dan pasarkan layanan di marketplace jasa, dan seterusnya.

Bisnis Jual Beli Barang Bekas

bisnis jual beli barang bekas

peluang usaha jual beli barang bekas bisa online dan offline

Sejujurnya penulis belum pernah menjalankan usaha jualan barang bekas. Tapi dari pengamatan penulis usaha jual beli barang bekas ini cukup menjanjikan. Jual beli motor bekas sudah tentu menari, apalagi jual beli mobil bekas.

Kamu bisa berhitung sendiri, melakukan validasi sendiri, apakah peluang usaha jual barang-barang bekas ini menarik, menguntungkan, dan bisa dimulai dengan modal kecil?.

Contoh : kamu bisa buka toko online / offiline jual beli maianan / peralatan anak dan bayi bekas, (kereta bayi, boneka, sepeda anak, dll).

Kamu juga bisa mulai usaha jual beli furniture bekas, usaha leptop bekas, hap bekas, barang-barang unik bekas, tas bekas, sepatu bekas, barang import bekas, barang branded bekas, dll.

Sesuaikan dengan modal, kemampuan, jaringan, hasil analisa dan passion kamu sendiri.

Bisnis Catering Makanan Sehat

bisnis catering makanan sehat

peluang bisnis catering makanan sehat semakin menjanjian

Pola hidup sehat semakin populer ditanah air. Apalagi sejak pandemi melanda dunia. Banyak orang semakin peduli dan berhati-hati dengan apa yang mereka konsumsi.

Ibu-ibu, banyak orang diluar sana semakin peka dan peduli dalam menentukan pilihan menu makanan yang akan mereka konsumsi.

Jadi usaha katering makanan sehat bisa menjadi peluang bisnis yang menarik kamu pertimbangkan. Tawarkan pilihan menu bervariasi setiap harinya, pelanggan tidak akan bosan namun tetap mendapat asupan bergizi.

Selain itu, kamu juga bisa menawarkan menu khusus, lengkap dengan keterangan kandungan gizi, manfaat, cara masak, dan ukuran porsinya.

Contoh, tawarkan menu khusus diet sehat. Menu khusus penderita diabetes. Menu khusus anak-anak, dan sebagainya. Tawarkan juga, menu sarapan, menu lunch, dan menu makan malam-nya.

Pilihan lainnya, kamu bisa membuka catering khusus vegan. Ada beberapa teman penulis yang sukses bisnis cafe dengan menu khusus vegetarian.

Bisnis Advertising Indoor dan Outdoor

bisnis advertising outdoor indoor

peluang bisnis advertising outdoor indoor. Image by : liatinnet

Sebetulnya agak sulit memulai usaha advertising dengan modal kecil. Ya, bisnis jasa indoor maupun outdoor advertising ini membutuhan modal yang cukup besar. Jadi kita tidak usah bahas bagaimana cara memulai usaha advertising.

Jika kamu berniat terjun kedalam bisnis ini, tapi tidak punya modal besar, kamu jadi perantara saja. Inilah salah satu cara memulai bisnis periklanan dengan modal kecil.

Caranya : kamu hubungi para vendor advertising yang ada di kota atau daerahmu. Tawarkan kerjasama dimana kamu akan memasarkan layanan mereka, dan jika closing kamu akan mendapatkan komisi persenan.

Selain itu, kamu juga membuka jasa advertising sederhana seperti jasa pemasangan baliho, jasa pasang spanduk, umbul-umbul, jasa pengurusan pajak dan perizinan baliho, banner, reklame, dll.

Nah, jasa dan layanan yang barusan disebut itu tidak butuh modal besar. Kamu bisa memulai bisnis advertising nya dari sana. Tugas kamu hanya mencari klien, memperluas jaringan, dekati calon-calon klien potensial.

Bisnis Media / Koran Online

bisnis media koran onlineKamu sudah menulis atau kenal banyak teman-teman penulis, dan wartawan. Kalau iya, peluang bisnis online media bisa kamu mulai dengan modal kecil.

Modal utama yang kamu perlukan hanya membuat website media online. Bisa berbasis WordPress, blogger, medium, atau yang lain. Kalau kamu tidak paham caranya, gunakan jasa pihak ketiga, beres. Modalnya tidak akan lebih dari 10-juta.

Kamu bisa membuka website berita online lokal. Bisa juga buka perusahaan media online lokal tapi bergabung dengan jaringan media nasional.

Beberapa portal berita online nasional membuka peluang kerjasama untuk membuka perwakilan di daerah-daerah. Setahu penulis, syaratnya cukup mudah dan modal-nya juga tidak besar.

Browsing aja di goggle. Cukup ajak 3 rekan wartawan atau teman yang punya kartu pers, kamu sudah bisa buka usaha media online. Ada pofitnya tidak ya?. Tentu saja.

Kamu yang memiliki passion di dunia ini, harusnya sudah bisa menangkap peluag bisnis koran online.

Alternatif lainnya, ambil peluang usaha modal ini dengan cara membangun blog bagus. Profesi blogger juga tidak kalah menjanjikan dan bisa jadi usaha sampingan yang menghasilkan.

Peluang Usaha Reseller atau Dropshipper

peluang usaha reseller dropshipKami sudah membuat banyak ulasan mengenai peluang usaha reseller dropship. Silahkan klik link tersebut untuk membacanya. Berbagai tips sukses, cara promosi, cara memilih produk, cara mencari suplier yang professional sudah kami bahas secara lengkap dan mendalam.

Seharusnya kamu juga sudah tidak asing lagi dengan peluang usaha modal kecil yang banyak ditawarkan di internet ini. Jadi pada kesempatan ini kami tidak membahas secara detail lagi usaha reseller atau dropshipper.

Kalau kamu sedang mencari atau berencana memulai bisnis sebagai resller produk laris, bisa jualan online dan offline, modal kecil, profit sehat, dapat bimbingan dan edukasi bisnis, silahkan pelajari / langsung daftar di sini.

Peluang Agrobisnis

Banyak peluang usaha agrobisnis yang bisa kamu coba. Banyak alasan menarik kenapa usaha yang berkaitan dengan pertanian ini sangat menarik. Salah satunya tentu karena tidak modal usaha ini tidak terlalu besar.

Agrobisnis adalah bisnis berdasar usaha pertanian atau bisa juga usaha lain yang mendukungnya. Beberapa tahun kebelakang, agrobisnis sangat menarik perhatian masyarakat dan banyak yang mulai menjalankannya.

Berikut contoh peluang usaha agrobisnis yang bisa kamu pertimbangkan. Pertama, kamu bisa menjadi petani yang menanam komoditas tertentu dengan menerapkan sistem pertanian berkelanjutan.

Misalnya jadi petani / membuat kelompok tani yang khusus menghasilkan beras organik, kacang tanah, kacang hijau, jahe merah organik, cabe, pisang organik, tomat oganik, sayuran organik, dll.

Contoh lain : kamu bisa menjadi reseller dropship, agen atau distributor produk-produk organik, jualan bibit tanaman online, atau jual kebutuhan pertanian seperti membuat dan jualan pupuk kompos, pupuk organik, dll.

Ide usaha agro lainnya : kamu bisa membuat produk tertentu dengan bahan utama hasil pertanian yang ada disekitar. Misalnya di desa kamu banyak masyarakat yang membuat gula kelapa atau gula aren. Atau banyak yang menanam kedelai di desamu.

Nah, kamu bisa membuat produk dengan bahan baku hasil bumi tersebut. Buat kecap dan pasarkan, buat gula kelapa bubuk, buat minuman gula aren, atau kamu beli hasil panennya kemudian kemas yang menarik, tambahkan nilai yang menjual, dan pasarkan.

Peluang Usaha di Desa

padi di desaBanyak peluang usaha modal kecil yang bisa kamu pertimbangkan jika kebetulan kamu ingin buka bisnis di desa. Dari desa kamu bisa melakukan lebih banyak hal positif.

Berikut berbagai jenis peluang usaha modal kecil di daerah pedesaan; Bisnis Pulsa, Penjualan Token Listrik, usaha galon air isi ulang, jasa pangkas rambut,  usah rias pengantin, jualan kue tradisional, warung bakso soto mie ayam, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kamu juga bisa mendirikan usaha sosial seperti membuat koperasi, BMT, mendirikan kelompok-kelompok tani, membuka tempat kursus yang mungkin selama ini hanya bisa ditemui di kota.

Atau kamu bisa menjadi penghubung atau perantara, mendekatkan hasil pertanian dan berbagai potensi desamu kepada market.

Beberapa tahun terakhir pembangunan desa menjadi prioritas pemerintah pusat. Dana desa mengalir, berbagai BUMDES dibentuk, berbagai program pendampingan dibuat.

Sektor ekonomi juga menjadi perioritas yang mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. Kondisi tersebut menjadi peluang bagus bagi kamu untuk lebih serius menggali berbagai peluang bisnis di desa.

BTW : jangan salah loh, beberapa bisnis internet bisa kamu jalankan dari desa.

Jual online, buka jasa seo, jasa pembuatan website, usaha bisnis affiliasi, jadi blogger, dan konten kreator yang biasanya identik dengan kerjaan orang kota, sangat bisa kamu jalankan bisnisnya dari desa.

Bisnis Mainan Anak

bisnis mainan anak

ilustrasi bisnis mainan anak

Membuka bisnis mainan anak adalah peluang yang sayang untuk dilewatkan. Penulis kenal seorang kawan yang awalnya berprofesi sebagai wartawan. Belakangan ia sudah beralih profesi dan sukses membuka 2 gerai toko anak / baby store.

Tokonya menjual aneka mainan anak, baju anak-anak, perlengkapan bayi, hingga kebutuhan ibu-ibu pasca melahirkan. Entah berapa modal awal yang ia rogoh untuk memulai bisnis tersebut.

Menurut analisa penulis, setidaknya inilah persiapan yang harus kamu lakukan jika ingin memulai bisnis mainan anak :

Pertama, yang Anda lakukan dalam persiapan memulai bisnis mainan anak adalah mencari produsen atau pemasok mainan anak dengan kualitas dan harga yang bersahabat.

Kedua, mempersiapkan mainan-mainan yang akan Anda jual. Ketiga, gali informasi mengenai manfaat dari setiap mainan yang kamu jual, sehingga kamu bisa memberikan penjelasan meyakinkan bagi calon konsumen.

Keempat, memperkaya pengetahuan tentang jenis-jenis mainan anak, terutama yang sedang digemari banyak orang. Terakhir, bila semuanya sudah siap, saatnya mendesain tempat usaha agar dapat mengundang orang untuk datang dan berbelanja.

Untuk kamu yang tertarik jadi pengusaha yang terkait dengan bayi dan anak-anak tapi modal kecil berikut sarannya.

Pertama, kamu jualan online saja di sosial media dan marketplace. Kedua, tentukan fokus ; apakah jualan maianan, jualan produk kebutuhan bayi, baju anak, sepatu anak-anak, atau yang lain. Pilih salah satu saja.

Kedua, cari produsesn, supplier atau distributor yang menerima daftar reseller. Belanja produk-produk yang sudah terbukti laris, selalu dibutuhkan, dan sedang tren.

Ketiga, jika kamu punya keahlian atau tertarik untuk menemukan dan membuat permainan untuk anak-anak, segera lakukan. Peluangnya sangat menarik.

Bisnis Fashion

bisnis fashion pakaianPersaingan bisnis fashion memang cukup sengit. Kenyataan itu tidak bisa dipungkiri lagi. Apalagi kini persaingan juga semakin menantang dengan bajirnya produk-produk fashion import murah.

Tapi peluang usaha di bidang ini bukannya tidak menarik. Buktinya tidak hampir tiap hari ada saja brand-brand baru yang muncul. Untuk memanfaatkan peluang usaha modal kecil di bidang fashion ini, kamu bisa bergabung sebagai reseller atau dropshipper produk fashion dulu.

Jangan berkecil hati, profit marjin reseller bisnis busaha muslim, baju impor, dan kaos, dan sejenisnya ternyata sangat menggiurkan. Kamu sangat mungkin mencicipi laba bersih Rp. 20.000 s/d 50.000 dengan mudah sebagai reseller produk fashion.

Untuk yang tertarik merintis usaha dibidang fashion dengan modal kecil, kamu bisa mulai membangun branding dan reputasi tokomu di marketplace, sosial media, dan buat toko online sendiri.

Banyak teman-teman penulis yang mengaimini bahwa usaha jualan baju, kaos, busana muslim, dan kawan-kawannya ini mudah dijalankan, menguntungkan, dan selalu ramai pembeli.

Tugasmu, cari dan temukan supplier atau produsen professional, kuasai teknik promosi online.

Peluang Bisnis Online / Offline Menjanjikan

bisnis online

peluang bisnis online modal kecil

Sejumlah peluang usaha lain yang sudah banyak di ulas diberbagai web / blog lain juga tidak kalah menjanjikan untuk dipertimbangkan. Jadi daftar ide usaha dibawah ini bisa jadi sudah tak asing lagi bagi kamu.

  1. Bisnis Jasa Penulis Artikel

Artikel blog, ebook, artikel ilmiah, artikel bahasa inggris, dan jenis tulisan lainnya banyak dicari dan selalu dibutuhkan. Penggunanya jasa ini bahkan datang dari brand dan perusahaan besar loh. Buat kamu yang jago nulis, paham copywriting, peluang ini menarik untuk digarap.

  1. Jasa Admin Sosial Media

Untuk kami memang memiliki pengetahuan dan berpenglaman dalam mengelola berbagai akun sosial media. Kamu bisa menawarkan jasa pengelolaan akun bisnis atau perusahaan agar lebih professional dan afektif. Bisnis ini bisa menambang penghasilan sampingan kamu mulai ratusan hingga jutaan rupiah.

  1. Bisnis Jasa Design Grafis

Pengguna jasa design ini sangat banyak. Pangsa pasarnya masih terbuka lebar. Kamu bisa mulai buka jasa desin secara online, tidak perlu punya kantor dan bisa dikerjakan sebagai usaha sampingan hampir tanpa modal.

  1. Buka usaha kursus online

Kursus online bukan lagi hal baru bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya tentang dunia Ti. Hampir semua keahlian bisa dibuat dan dilakukan secara online. Kamu punya keahlian tertentu, menguasai skill tertentu, coba saja buat dan tawarkan pelatihannya secara online.

  1. Menulis dan jualan ebook

Peluang bisnis jualan ebook sudah terbukti laris manis di tanah air. Harga ebook yang lebih murah dibandingkan dengan buku fisik berbentu kertas jadi pertimbangan tersendiri kenapa ebook semakin diminati.

Jangan simpan tulisanmu dikomputer. Coba kumpulkan artikel-artikel menarik yang selama ini kamu tulis, jadikan ebook yang menarik, dan jual secara online. Bisa jual sendiri atau bisa juga tawarkan di marketplace khusus jualan ebook.

  1. Bisnis Laundry

Salah satu pilihan bisnis yang cukup mudah dan tidak memerlukan modal besar adalah usaha laundry kiloan. Tidak hanya untuk kamu yang tinggal di kota, peluang usaha loundry juga cukup menajnjikan dikota kecil.

Bisnis yang menawarkan jasa mencuci dan setrika pakaian ini banyak dicari dan dibutuhkan konsumen karena berbagai alasan salah satunya karena masyarakat kota biasanya terlalu sibuk dengan pekerjaan kantor.

  1. Peluang Bisnis Minuman Kekinian

Banyak waralaba yang menawarkan peluang bisnis minuman kekinian. Hampir setiap bulan ada brand baru yang bermunculan. Ide bisnis ini termasuk peluang usaha modal kecil yang terbilang cukup menjanjikan meski ditengah pandemi seperti sekarang ini.

Kamu bisa mencari jenis minuman yang sedang hits. Temukan pemberi waralabanya, ambil paket usaha yang ditawarkan sesuai kemampuan permodalan yang kamu miliki.

  1. Usaha bimbingan belajar / les private

Buat kamu yang baru lulus kuliah dan belum mendapatkan pekerjaan impian, buka les private menarik untuk dilirik. Kamu bisa membuka jasa les berbagai mata pelajaran untuk anak-anak, mulai dari anak sekolah dasar s/d SMA.

Cukup sediakan modul, cetak brosur, dan papan nama, bisnis bimbingan belajar kecil-kecilan sudah bisa dijalankan. Untuk awal kamu cukup membidik anak-anak yang ada disekitar lingkungan tempat tinggalmu.

  1. Usaha Cuci Sepatu

Memulai bisnis laundry sepatu tidak membutuhkan perencanaan yang rumit. Memiliki prospek cerah dan semakin populer. Bisa dijadikan tambahan layanan bagi kamu yang kebetulan sudah menjalankan bisnis laundry pakaian.

Yang menarik, bisnis laundry sepatu sebetulnya bisa dimulai dengan modal terbatas. Siapkan modal awal sekitar 5 juta saja, kamu sudah bisa membuat usaha jasa laundry sepatu ini.

  1. Bisnis Jus Sehat

Gegera pandemi covid-19 orang berlomba-lomba untuk memulai, menjaga pola hidup sehat. Selain olahraga teratur, kamu juga harus menjaga asupan nutrisi, salah satunya adalah dengan rutin mengonsumsi jus.

Nah, kamu juga bisa menjadikan ini sebagai peluang usaha modal kecil yang menarik dipertimbangkan. Coba racik buah-buahan tertentu, lebih bagus lagi buah organik misalnya, untuk dijadikan menu jus sehat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan konsumen.

Tips Sukses Bisnis Modal Kecil

Kalau mau bisnis nggak boleh asal. kalau asal-asalan kebanyakan hasilnya cuma kebangkrutan. Kata para pakar; ‘gagal merencanakan, sama halnya merencanakan kegagalan’.

Jadi buat kamu yang sudah yakin untuk segera mulai usaha sendiri, entah bisnis sampingan atau sedang meencakan untuk beralih profesi jadi pengusaha.

Berikut kami rangkum sedikit tips sukses menangkap peluang usaha modal kecil yang perlu kamu perhatikan biar tidak gagal sejak awal.tips sukses

7 Tips Sukses Menjalankan Usaha Modal Kecil

Pertama, Pilih Jenis Usaha-nya. Sudah banyak peluang dan ide bisnis menjajikan di atas artikel ini. Silahkan pilih salah satu. Pilih jenis usaha yang kamu kuasai, atau setidaknya bisa kamu kuasai.

Kedua, manfaatkan sumberdaya yang ada. Tidak usah neko-neko, tidak perlu gengsi, mulai saja dan menfatkan sebaik mungkin aset apapun yang kamu miliki. Usahakan untuk tidak memaksakan diri mencari utang atau pinjaman untuk memulai usaha pertamamu.

Ketiga, kalau usaha yang kamu pilih membutuhkan tempat fisik, cari dan pilihlah lokasi yang tepat. [baca: sarang semut]. Memang ada beberapa bisnis yang sukses dan terkenal walaupun lokasinya tidak setrategis. Masalahnya, kamu yakin mampu melakukan hal yang sama?!. Emang kamu sudah tahu setrategi-nya. Sudah siap modal dan mental-nya?.

Sama seperti orang yang cari properti investasi. Hal utama yang wajib kamu perhatikan ada 3 : lokasi, lokasi, dan lokasi.

Keempat, manfaatkan social media. hampir semua peluang bisnis yang penulis rekomendasikan di atas tadi, selalu menyebut sosial media sebagai sarana promosinya. Memanfaatkan media sosial untuk bisnis itu ada ilmunya, ada setrateginya, cari tahu, pelajari, kuasai, praktekkan.

Kelima, Gunakan modal dengan bijak. Ya, kamu harus bisa memanfaatkan modal yang kamu miliki seefektif dan seifisien mungkin. Hematlah apa yang bisa hemat. Contoh, kamu mungkin tertarik menggunakan jasa desain professional untuk membuat logo usahamu.

Untuk awal, cobalah berhemat, minta bantuan teman-sahabat mendesain logonya, atau gunakan aplikasi desain yang sekarang bisa kamu dapatkan dengan mudah via internet.

Keenam, Pertimbangkan untuk berpartner. Dengan mengajak partner bisnis yang tepat, kamu tidak hanya bisa menghemat modal karena akan berbagi dengan rekanan. Tapi, kamu juga bisa berbagai pekerjaan dan tugas. Catatan, jangan asal pirih rekan bisnis. Menurut penulis, jangan ajak keluarga seperti adik atau akak.

Ketujuh, selalu kreatif dan terus berinovasi. Kemudian cobalah untuk bergabung dalam komunitas wirausaha, komunitas bisnis umkm, hipmi, tangan di atas, dan masih banyak lagi.

Demikian ulasan tentang peluang usaha modal kecil paling menjanjikan ini kami buat sebagai refrensi untuk kamu para calon pebisnis sukses karena berbagai ide bisnis di atas bisa kamu pilih dan dalami lebih lanjut.

Sekarang kamu juga sudah bisa merencanakan untuk segera menjalankan ide bisnis yang selama ini masih kamu tunda karena modal terbatas. Amiin.