Pola hidup sehat semakin menjadi tren yang kian populer di masyarakat beberapa tahun terakhir. Apalagi setelah pandemi covid-19 melanda dunia. Banyak orang beralih ke gaya hidup sehat untuk kualitas hidup yang lebih baik lagi.

Lalu, apa sih sebenarnya pengertian pola hidup sehat dan manfaatnya bagi tubuh?

Pola hidup sehat merupakan gaya hidup yang memperhatikan kondisi kesehatan fisik maupun mental. Menerapkan gaya hidup sehat, berarti harus memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi, memastikan nutrisi terpenuhi, serta berolahraga secara rutin. [Baca juga : peluang usaha agen distributor beras organik]

Menerapkan gaya hidup sehat dalam keluarga memang bukanlah hal mudah, terutama untuk pemula. Sebab pola hidup sehat erat kaitannya dengan makanan yang dikonsumsi, sehingga sangat penting untuk menghindari makanan yang mampu mengundang berbagai risiko penyakit.

Manfaat Menjaga Pola Hidup Sehat

Nyatanya ada segudang manfaat yang bisa didapat dari menerapkan pola hidup sehat. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan sistem imun

Menjaga pola makan sehat secara konsisten dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ketika sistem imun meningkat, tubuh bisa terlindung dari segala jenis penyakit, seperti penyakit stroke, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan penyakit degeneratif lainnya.

2. Meningkatkan energi untuk menjalani aktivitas

Pola hidup sehat yang disertai dengan latihan fisik secara rutin, nyatanya mampu meningkatkan energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Hal ini juga berdampak pada kekuatan otot serta membantu mengantarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh agar pasokan energi tercukupi.

Manfaat ini hanya bisa diperoleh dari makanan dengan gizi seimbang.

3. Berat badan lebih ideal

Berat badan berlebih atau obesitas adalah salah satu pemicu penyakit serius. Begitu pun dengan seseorang yang kekurangan berat badan. Mereka cenderung lebih rentan terkena penyakit.

Dengan menerapkan pola hidup sehat, seseorang bisa mendapatkan berat badan ideal dan lebih sehat lagi.

4. Meningkatkan mood

Manfaat lain dari menerapkan pola hidup sehat adalah meningkatkan mood dan suasana hati. Dengan rutin melakukan olahraga, mengonsumsi makanan bergizi, dan istirahat yang cukup, proses berpikir bisa lebih lancar, sehingga mempengaruhi mood dan suasana hati.

10 Pola Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan Oleh Pemula

Inilah pola hidup sehat yang dapat diterapkan oleh pemula. Dengan aktif bergerak dan mencukupi kebutuhan nutrisi harian, kualitas hidup seseorang dapat meningkat.

1. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur adalah bagian dari pola hidup sehat. Setiap hari, luangkan waktu setidaknya 30 menit untuk melakukan olahraga seperti jogging, jalan-jalan, yoga, bersepeda, dan olahraga lainnya yang bisa membuat tubuh lebih sehat.

2. Cukupi kebutuhan cairan

Tubuh manusia hampir 70 persennya terdiri dari cairan. Dengan mencukupi kebutuhan cairan, tubuh dapat bekerja secara optimal. Untuk memenuhi kebutuhan cairan, minumlah air putih sekitar 6 ingga 8 gelas per hari.

3. Hindari pola hidup yang membahayakan kesehatan

Sebisa mungkin hindarilah pola hidup yang mampu membahayakan kesehatan dan berisiko mengundang penyakit. Seperti halnya mengonsumsi alkohol dan merokok.

4. Konsumsi vitamin

Konsumsi vitamin merupakan bagian dari pola hidup sehat yang tak boleh diremehkan. Meskipun makanan yang dikonsumsi kaya akan nutrisi, namun vitamin tetap dibutuhkan untuk menjaga kekebalan tubuh.

Vitamin bisa diperoleh dari sayuran dan buah seperti pisang, pepaya, jeruk, semangka, dan lain sebagainya.

5. Kelola stres

Beban hidup sehari-hari kerap kali memicu stres bagi banyak orang. Jika tidak dikelola dengan benar, stres dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Mengelola stres bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat.

6. Terpapar sinar matahari pagi

Sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Terutama untuk kesehatan tulang dan menurunkan risiko penyakit autoimun.

Batasi konsumsi garam, lemak, dan gula
Konsumsi gula, garam, dan lemak secara berlebihan tidak baik bagi kesehatan.

Terlalu banyak mengonsumsi gula, garam, dan lemak dapat memicu terjadinya penyakit diabetes, jantung, maupun darah tinggi.

Oleh karenanya, untuk menerapkan gaya hidup sehat, batasi asupan garam, gula, dan lemak harian.

7. Perhatikan asupan serat

Selain 7 cara hidup sehat di atas, asupan serat juga harus dipastikan saat menerapkan gaya hidup sehat. Serat berfungsi untuk memperlancar sistem pencernaan agar lebih sehat.

Untuk orang dewasa, kebutuhan serat harian adalah 25 gram per hari.

8. Hindari makanan yang tinggi zat kimia

Banyaknya makanan yang diolah secara instan tak bisa dijadikan solusi untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Sebab, makanan instan cenderung mengandung pewarna makanan dan pengawet. Jika dikonsumsi secara terus menerus, makanan semacam ini bisa berbahaya bagi kesehatan.

9. Pola makan gizi seimbang

Yang terakhir adalah menerapkan pola makan gizi seimbang. Yakni dengan memilih makanan yang mengandung karbohidrat, serat, lemak, dan protein.

Selain itu, konsumsi sayur dan buah juga diperlukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang diperlukan oleh tubuh.

10. Cara Hidup Sehat Alami dengan Beras Merah Organik dan Beras Menthik Susu Organik

Gaya hidup sehat bisa dimulai dengan beralih ke makanan yang lebih bernutrisi. Salah satunya dengan mengonsumsi Beras Organik WellFarm.

Beras Organik WellFarm memiliki kandungan antioksidan antosianin yang tinggi, sumber serat yang baik, memperbaiki sirkulasi darah, dan menurunkan kadar kolesterol.

Selain cocok dikonsumsi oleh orang dewasa, salah satu produk WellFarm yakni beras merah organik merupakan pilihan tepat untuk seluruh keluarga, termasuk anak-anak dan manula.

Rasanya yang tidak keras membuat beras merah organik ini disukai oleh anak-anak.

Beras Merah Organik WellFarm cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani program diet, orang dengan penyakit jantung dan kolesterol yang tinggi, serta baik dijadikan MPASI dan bubur bayi.

Sebagai makanan pendamping ASI, beras merah organik dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sangat baik untuk perkembangna otak anak, baik untuk jantung, mencegah kanker, meningkatkan kesehatan pencernaan, hingga pola tidur bayi yang lebih berkualitas.

Makan enak dan sehat dengan beras organik Wellfarm memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Di antaranya adalah mencegah obesitas, mengontrol diabetes, mencegah alzheimer, menurunkan stres pada ibu menyusui, meningkatkan kesehatan jantung, masih banyak lagi.

Berbagai produk beras organik Wellfarm bisa anda dapatkan dengan mudah melalui reseller beras organik online maupun offline kami diwilayah Anda.

Tersedia dalam kemasan 300 gram, Beras Merah Organik WellFarm dapat memenuhi kebutuhan sekali masak untuk 2-3 porsi dewasa.

Dengan kemasan simpel dan vacuum, beras lebih aman disimpan dalam jangka waktu lama karena tidak mudah berjamur dan berkutu.

Tips pola hidup sehat semakin aman diterapkan dengan beras merah organik produksi petani di wilayah Sleman Jogjakarta yang telah dilengkapi sertifikat resmi organik dari lembaga sertifikasi resmi dan terdaftar. Sehingga beras lebih bergizi dan lebih sehat.

Selain itu, pola hidup sehat bisa dimulai dengan mengonsumsi Beras Organik Mentik Susu yang bebas bahan kimia, pulen, rendah gula, rendah lemak, dan tinggi serat.

Nah itu tadi contoh perilaku hidup sehat yang bisa diterapkan sejak sekarang untuk kualitas hidup yang lebih baik. Wellfarm juga memiliki beras diet organik riceslim yang menjadi unggulannya, cocok untuk diet dan menurunkan / menjaga berat badan ideal dan sehat.