Lompat ke konten
WellFarm » Blog » Bisnis » JANGAN Jadi Reseller Atau Dropshipper Kalau Belum Tahu Rahasia Ini

JANGAN Jadi Reseller Atau Dropshipper Kalau Belum Tahu Rahasia Ini

Pernah lihat promosi seperti ini : “Peluang usaha reseller atau dropshipper modal kecil untung besar. Peluang bisnis tanpa modal, profit puluhan juta.” Atau iklan seperti ini : “Bisnis rumahan modal hp + internet hasilkan omset puluhan juta. Modal ratusan ribu, omset ratusan juta. Bisnis mudah bisa dikerjakan dari rumah”.

Kamu pasti pernah melihatnya bukan?.

Meski sangat menarik dan ada orang yang berhasil menjalankannya. Tapi iklan itu sebaiknya DIABAIKAN SAJA!.

YA…., kamu tidak salah baca. Abaikan saja promo-promosi menggiurkan itu!.

Kalau tidak, kamu bisa terseret dalam ekspektasi ‘sukses menjalankan bisnis reseller dropship modal kecil untung besar’.

Kamu akan terbuai dalam mimpi indah ‘dapat income sampingan melimpah, omset ratusan juta, profit puluhan juta dengan duduk santai dirumah’.

Lebih parah lagi, kamu juga mungkin akan berkhayal: ‘setiap hari koloran, tapi penghasilan miliaran’.

Kamu mau ; gara-gara terbujuk rayuan iklan, terpesona cerita sukses orang lain yang entah dimana rimbanya, akhirnya ikut-ikutan bisnisnya. Coba-coba siapatahu bisa beruntung seperti mereka.

Iseng-iseng sih boleh.

Sekedar coba-coba juga nggak ada salahnya.

Mau ikut-ikutan, ya silahkan.

TAPI, Hati-hati!

Biasanya…., alih-alih untung besar, yang ada malah buntung.

Kegagalan bukan cuma resiko. Tapi kamu sudah beresiko gagal total sejak awal.

Asal tahu saja, artikel ini persis seperti judul-nya.

Jika kamu belum tahu, lebih parah lagi tidak mau tahu rahasia sukses bisnis reseller atau dropshipper, lebih baik kamu mundur.

Bahkan, kami sarankan kamu tidak usah coba-coba buka bisnis.

Mendingan cari pekerjaan tetap atau teruslah bekerja, berkarir, apapun profesi yang saat ini sedang kamu tekuni untuk meraih penghasilan. Jalani, syukuri, nikmati itu.

Ini saran serius!.

Karena, bisnis reseller dan dropship tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Walaupun bisa kamu jadikan sebagai usaha sampingan, bisnis ini tetap saja butuh ketekunan. Butuh semangat dan kesabaran seperti menjalankan usaha lainnya.

Sudah banyak cerita yang kami terima dari mereka yang gagal menjalankan bisnis reseller atau dropshipper.

Banyak yang terpental.

Kebanyakan sejak awal memang gak niat, hanya sekedar coba-coba. Iseng-iseng saja barangkali bisa beruntung dengan berkarir di bisnis jualan online sebagai reseller maupun dropshipper.

Hasilnya; ya rugi waktu, rugi materi, habisin modal dan gagal total.

Bagaimana, masih berminat bisnis reseller atau dropshipper ?.

Renungkan pesan ini.

UNTUK PARA PEMULA: “Jika kamu tidak berniat untuk berusaha keras, tak siap belajar lebih banyak tanpa henti, lebih mendalam, dan tidak bisa sabar berproses untuk meraih sukses. JANGAN join atau daftar sebagai reseller / dropshipper produk apapun. Baik produk fisik maupun reseller produk digital!.”

Jangan bisnis reseller atau dropshipper, apalagi yang sistemnya berbayar.

Bisnis ini berat!, kamu mungkin tidak akan kuat.

Kecuali……….

Ya,….. kecuali tekad dan niatmu memang sudah bulat!.

Apa boleh buat, lanjut dan sikat. hehe

So, sampai di sini apakah masih mau tetap lanjut?.

Masih tetap yakin untuk memulai bisnis sebagai reseller?.

Jika Jawaban kamu IYA

S E L A M A T !

Kamu mungkin salah satu calon reseller / dropshipper sukses. Kamu berpeluang sukses dalam bisnis ini.

Karena, jika kamu berhasrat untuk tahu rahasia sukses-nya, berarti kamu bukan golongan orang-orang yang BERESIKO GAGAL sejak awal dalam usaha ini.

Kabar baiknya, sudah banyak sahabat kami yang jualan online di media sosial, di toko online sendiri dan marketplace, bahkan saudara dan tetangga kami juga berjualan di akun media sosialnya.bisnis dirumah

FAKTANYA: mereka cuma JUALAN online dan dan sukses meraih income sampingan menggiurkan.

Bahkan ada beberapa yang nekat berhenti dari pekerjaan utamanya (padahal pekerjaan bukan kaleng-kaleng) dan beralih fokus mengelola bisnis reseller dropship-nya dari rumah.

Mereka bisa meraih penghasilan cukup wah, padahal cuma kerja dari rumah. Mereka tidak membuat produk sendiri. Sebagian bahkan tidak membutuhkan modal untuk membeli stock produk.

Ternyata…..

Setelah ditelusuri lebih dalam, para pakar dan praktisis bisnis online punya kesimpulan yang seragam. Yang, jika diringkas ada 5 Rahasia Kunci Untuk Jadi Reseller atau Dropshipper Sukses.

Jika sudah tahu, siap menguasai, dan siap menggunakan 5 rahasia kunci ini, kamu akan sukses sebagai reseller atau dropshipper produk apapun.

Rahasia ini juga disarankan oleh salah satu pakar internet marketing dan mentor bisnis online ternama di tanah air. Artikel yang akan membahas tentang rahasia ini merupakan ringkasan dari buah tangan beliau. Jadi rahasia ini bukan sembarang tips sukses.

Apa saja rahasianya?.tips reseller dropshipper sukses

Inilah 5 Rahasia Kunci Reseller / Dropshipper Sukses

Harap dicatata, rahasia yang disampaikan dalam ulasan ini merupakan rangkuman saja. Setiap rahasia sukses yang terdapat di bawah ini, harus kamu cari sendiri, terapkan dan kuasai. Jangan pelit untuk bayar ahlinya kalau kamu malas, cari guru dan ikuti kursusnya kalau beneran mau jadi ahli. Paling tidak beli buku-ebook masing-masing rahasia ini, baca, pahami dan aplikasikan dalam bisnismu.

Rahasia 1 : KUASAI PRODUK YANG DIJUAL

Jual produk yang kamu sukai atau sukai produk yang kamu jual.

Bayangkan, bagaimana jadinya jika konsumen menanyakan detail produk yang kamu pasarkan, tapi kamu tidak bisa menjawab karena tidak benar-benar mempelajarinya?

Istilahnya, kalau kamu saja tampak tidak suka dengan produk yang dijual, mengapa pelanggan harus percaya dan tertarik membeli produk yang kamu jual?

Hasil riset juga sudah membuktikan bahwa orang yang menguasai produk LEBIH CEPAT dan LEBIH BANYAK closing dibanding dengan yang tidak paham produk yang dijual.

Akan lebih bagus lagi jika kamu sudah mencoba produknya terlebih dahulu, sehingga bisa menceritakan pengalaman kamu ke calon konsumen.

Sederhananya begini, ketika kamu menguasai produknya, kamu bisa  menjelaskan produk ke calon konsumen JAUH LEBIH CEPAT dan TERKESAN AHLI.

Dari sini calon pembeli  jauh lebih percaya. Selain itu, reseller yang  paham produk, akan jualan lebih PEDE dibanding yang tidak menguasai atau bahkan tidak mencoba produknya sendiri.

Product knowledge merupakan kebutuhan penting yang kudu kamu kuasai jika ingin berhasil menjual produk / jasa apapun dan memperoleh kepuasan pelanggan.

Inilah salah satu keterampilan rahasia yang pasti dimiliki oleh para reseller dropship sukses diluar sana.

Kalau kamu terlihat betul-betul menguasai apa yang dijual dan yakin dengan produk tersebut, orang yang tertarik membelinya akan merasakan hal yang sama.kuasai produk

Rahasia 2 : Harus punya TARGET Jualan

Kamu harus membuat target jualan harian, mingguan dan bulanan. Target yang sudah kamu buat ini harus kamu jaga dan dibalut dengan komitmen yang harus dijalani.

Tips  selanjutnya, target ini perlu ditulis di tempat yang mudah terlihat seperti di whiteboard, dinding, buku, dll. Tujuannya agar kamu terus ingat dengan target yang baru kamu capai.

Supaya kamu lebih bersemangat lagi, buatlah apresiasi untuk diri kamu sendiri semacam hadiah jika target yang kamu buat telah tercapai.

Tips membuat target jualan :

  1. Jika kamu orang suka tantangan, buat target yang menantang dan ambisius. [Baca membuat target dengan tekhnik ‘S.M.A.R.T’]
  2. Study terkini menyebut, kamu seharusnya membuat target kecil dan realistis ketika di awal. Tujuannya sederhana : dengan target kecil, kamu bisa segera membuat rencana dan menjalakannya.

Ketika target kecil tercapai, kamu akan merasa bahagia. Dan, disaat yang sama kamu semakin bersemangat dan segera membuat target kecil selanjut-nya.

Contoh : kamu jadi reseller baju muslim. Saat baru memulai, jangan membuat target besar untuk jualan 10 pcs per hari. Tapi buat target kecil dulu, jualan 10 pcs per bulan.Menentukan Target bisnis

Rahasia 3 : Kuasai Cara Jualan di Medsos

Media sosial merupakan tools yang memudahkan reseller menemukan banyak orang untuk mengenalkan produk yang dijual. Kelebihan dari    media sosial ini adalah kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak  untuk bisa mulai jualan.

Bahkan hanya modal pulsa internet kita bisa langsung  jualan. Karena  media sosial adalah media yang sangat ampuh jika kita memahami caranya dalam membantu penjualan.

Bagaimana agar ikan (follower/teman/subscriber) makin banyak dan kolam makin besar?. Kunci suksesnya  adalah  kita  harus sharing  sesuatu yang disukai ikan dulu. Sehingga ikan-ikan datang berkumpul.

Misal, kamu jualan baju anak maka kamu harus rutin sharing tentang  tips merawat anak atau tips parenting.

Jika kamu jualan hijab maka sharing ilmu bermanfaat yang berhubungan  dengan fashion hijab atau tutorial hijab. Jadi ikan (calon pembeli) akan join ke kolam kamu.sosmed marketing

Rahasia 4 : PELAJARI Teknik Copywriting

Copywriting merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis online. Terutama karena bisnis reseller online menggunakan media tulisan untuk menghadapi para calon pembeli.

Sederhananya menggunakan copywriting untuk bisnis online sama seperti menggunakan salesman agar bisa menarik calon konsumen supaya mau membeli produk barang dan jasamu atau bahkan untuk bergabung dalam komunitas yang dimiliki. Hanya saja salesman ini dalam bentuk tulisan.

Copywriting adalah teknik untuk menghasilkan tulisan dan membuat pembaca bisa memberi respon yang diinginkan. Copywriting juga dibuat dengan tujuan membujuk individu atau kelompok agar membeli, menggunakan produk atau jasa yang kamu jual.

Nah, sudah tahu kan, kenapa kamu harus menguasai ilmu penting ini.copywriting

Rahasia 5 : MENGUASAI Teknik Closing

Apa itu teknik closing? Teknik ini adalah cara meyakinkan calon pembeli. Teknik ini sangat penting karena tanpa ini penjualan kita tidak akan besar. Teknik ini juga berperan mengubah calon pembeli menjadi pembeli.

Tujuannya agar terjadi transaksi dan menghasilkan CASH!

Beberapa teknik yang bisa dilakukan untuk teknik closing seperti memberikan bukti, gratis bonus, diskon, limited offer   (penawaran terbatas), garansi   (ada   jaminan), voucher, memberikan  testimoni, cross Selling/Up Selling, Cash  Back, Fakta (meyakinkan) atau Trial (agar mencoba).

Teknik diatas bertujuan  untuk  mengubah calon  pembeli  menjadi pembeli, serta mendorong  calon  pembeli untuk tidak menunda pembelian yang ujung-ujungnya malah ga jadi beli.

Teknik ini bisa diterapkan dengan cara memberikan info bahwa promo hanya dibatasi untuk 100 tercepat atau hanya selama seminggu. Nah tujuan dari teknik ini adalah untuk mempercepat closingdari si calon pembeli sehingga calon pembeli tidak menunda pembeliannya.tekhnik closing

Apakah Cuma itu rahasia sukses jadi reseller?

Ya, hanya 5 itu rahasia para reseller dan dropshipper sukses di tanah air. Kalau di Wellfarm, semua materi edukasi tentang rahasia di atas sudah disiapkan, kamu tinggal baca, pelajari dan terapkan ilmunya.

Faktor-faktor lainnya, kamu seharusnya sudah tahu. Karena bukan rahasia lagi.

Jika kebetulan kamu belum tahu, berikut kami review lagi, tips untuk menjadi reseller dropship sukses. Tips ini bisa kamu temukan dengan mudah kok di dunia maya.

Bukan Rahasia : 7 Tips Untuk Jadi Reseller atau Dropshipper Sukses

Terus terang saja, tips dibawah ini tidak bisa dikatakan rahasia. Karena sudah bertebaran di internet dan kamu juga seharusnya sudah pernah membaca beberapa diantaranya atau bahkan sudah tahu semua tips ini.

  1. Cari Produk Laris / Berpotensi Laris Manis

Kamu bisa mencari berbagai produk yang sesuai dengan minat, keahlian, hobby, atau kesukaanmu. Harapannya akan dengan senang hati menjual produk tersebut nantinya.

Namun jangan lupa, masih banyak hal lain yang juga perlu dipertimbangkan sebelum kamu memutuskan produk yang akan dipasarkan.

Untuk para pemula, disarankan untuk mencari produk bisnis yang sudah terbukti laris dipasaran. Produk yang dibutuhkan banyak orang, dan selalu dicari pembeli.

Memangnya ada produk yang seperti itu?. Banyak!. Kamu harus cari dan riset sendiri agar tidak salah pilih dan menyesal dikemudiam hari.

Contoh produk yang selalu dibutuhkan dan dicari pembeli adalah

produk-produk sandang, produk kebutuhan sehari-hari. Lakukan riset kecil-kecilan untuk menemukan produk produk tersebut.

  1. Temukan Supplier Yang Baik

Setelah mendapatkan dan yakin mau jualan produk apa, saatnya kamu mencari pemasok/ distributor. Penting bagi kamu untuk memilih distributor professional.

Nah, salah satu ciri distributor yang baik, mereka bersedia mengajarkan pemasaran kepada reseller, sehingga bisa terampil dalam memasarkan produk kepada konsumen.

Cari distributor atau pemilik brand yang mau ngajarin kamu. Disarankan memilih brand-brand yang mau melakukan pembinaan pada reseller nya secara rutin, menyediakan fasikitas marketing kit lengkap, dan kemudahan lainnya.

Selain itu kamu juga harus riset sendiri untuk menemukan produsen yang menawarkan berbagai program menarik untuk para resellernya.peluang usaha reseller dropship

  1. Perhitungkan Profit Margin

Jangan malas berhitung. Sebelum memutuskan bergabung sebagai reseller kamu harus menghitng dengan benar profit margin produk tersebut.

Hitung berapa selisih harga beli dari distributor dan harga jualnya ke pasar, dikurangi biaya lain seperti transfer, operasional, data internet, dll.

Harapannya kamu tetap mendapatkan keuntungan walau harus menjual produk dengan harga jual yang bersaing. Menetapkan profit keuntungan yang terlalu besar, bisa membuat barang tidak laku.

Beberapa supplier menetapkan harga batas bawah untuk harga jual produknya pada konsumen. Ada juga yang menetapkan batas atas, dan profit kamu sudah ditentukan sedemikian rupa.

Kamu bisa memilih sesuai keinginan. Kecuali produsen untuk produk yang ingin kamu jual adalah produsen / distributor tunggal.

  1. Siap Melayani Konsumen

Seorang reseller harus siap, cepat, dan tanggap menjawab pertanyaan calon pembeli. Kamu harus meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan customer dan membantu agar pembeli dapat mudah melakukan pemesanan, pembayaran, hingga pengiriman produknya.

Beber distributor diluar sana sudah memiliki sistem reseller berbasis web. Sistem reseller seperti ini patut kamu pertimbangkan, jika tidak punya banyak waktu untuk melayani konsumen.

Berbeda dengan jualan konvensional yang membuat kamu harus melakukan pemasaran secara mandiri, sistem reseller berbasis website memberikan kamu kemudahan karena websitenya sudah dirancang untuk menyambut calon customer. Tugasmu hanya memasarkan.

  1. Kenali target Market

Beberapa produk memiliki ceruk.pasar yang sangat spesifik. Kadang produsen menawarkan keuntungan besar tapi barang nya susah dijual.

Cara agar menjadi reseller yang sukses adalah kamu harus pintar memilih apa produk yang ingin dijual. Karena tiap produk punya oangsa pasarnya sendiri.

Jangan memilih produk yang tidak banyak pembelinya, karena kamu hanya akan menghabiskan modal promosi, tapi tidak ada keuntungan karena tidak ada pembeli.

Bisnis reseller produk organik seperti beras organik dan snack atau produk kesehatan, fashion merupakan beberapa peluang reseller yang menjanjikan.

  1. Pilih Channel Yang Tepat

Mengapa kamu harus Jualan di Marketplace Saat Ini. Kamu bisa buka toko di Marketplace secara MUDAH & GRATIS. Traffic pengunjung Marketplace SANGAT BESAR dan ini adalah market potensial untukmu.

Kamu bisa memperoleh ORDER KAPANPUN selama 24/7 di Marketplace. Kamu TIDAK PERLU REPOT membuat website sendiri.

Penggunaannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu membuat akun dan melengkapi profil toko online se-profesional mungkin. Tips sukses jualan di marketplce bisa kamu pelajari seiring berjalannya waktu. Kalau mau jadi reseller sukses, jangan malas belajar.

  1. Pertimbangkan Pasar Offline

Meskipun sekarang eranya serba digital, tidak ada salahnya membidik pasar offline. Kita tidak pernah tahu kalau tidak mencobanya.

Kadang calon konsumen yang kita cari adalah tetangga, saudara, keponakan, kawan lama, atau bahkan sahabat akrab kamu sendiri. Kamu bisa menawarkan produk apapun pada mereka dengan cara soft selling atau cara lainnya.

Penutup :

Setelah mengetahui rahasia reseller atau dropshipper sukses, sekarang saatnya kamu action. Langsung cari peluang usaha reseller dropship. Cari supplier yang professional.

Saat ini seharusnya kamu sudah siap untuk daftar menjadi reseller dropshipper produk apapun yang kamu mau. Dan sambil berproses, kuasai rahasia kunci yang tadi sudah kamu pelajari. Kalau mau daftar reseller dropship beras organik Wellfarm, langsung saja cek caranya di sini.