Pendapat Ahli Tentang Zinc dan Peran Penting serta Fungsinya Bagi Kesehatan Tubuh

Yuk lihat Pendapat Ahli Tentang Zinc dan Peran Penting serta Fungsinya Kesehatan Tubuh. Tapi sebelum itu tidak ada salahnya kita cari tahu apa itu Zinc (Zn) / seng ?

Zinc merupakan salah satu zat gizi mikro yang berfungsi dalam reaksi metabolisme tubuh. Kandungan mineral ini akan sangat mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh Anda sehingga mampu menangkal berbagai radikal bebas agar tak masuk ke tubuh.

Menurut Wikipedia : Seng, zinkum, zink, atau timah sari adalah unsur kimia dengan lambang kimia Zn, bernomor atom 30, dan massa atom relatif 65,39. Ia merupakan unsur pertama golongan 12 pada tabel periodik. Beberapa sifat kimia seng mirip dengan magnesium. Hal ini dikarenakan ion kedua unsur ini berukuran hampir sama.
Sumber Makanan Yang Mengandung Zinc

Berikut sejumlah sumber makanan yang dipercaya sebagai sumber asupan Zinc :

  1. Makanan laut, seperti, kepiting, tiram, lobster, dan kerang.
  2. Daging, seperti daging sapi, kambing, dan domba.
  3. Unggas, seperti ayam dan kalkun.
  4. Ikan, seperti ikan sarden dan salmon.
  5. Kacang-kacangan, seperti kacang polong, lentil, kacang hitam, dan kacang merah.

Trobosan Baru Sumber Makanan Yang Mengandung Zinc, murah, mudah didapat, dan disukai semua orang

beras nutri zinc organik wellfarm
Baru makanan sumber zinc : WellFarm Organic Amazinc Rice / Beras Nutri Zinc Organik

Beras Amazinc Organik WellFarm berasal dari padi variates unggul baru, trobosan BBPADI-Kementan RI, IRRI & Harvest Plus, kemudian ditanami secara organik, 100% alami, ramah lingkungan dan berkelanjutan tanpa pestisida dan bahan kimia lainnya oleh mitra tani terpilih WellFarm.

Memiliki kadar amilosa 16,6% dan potensi kandungan Zinc 34,51 ppm. Variates padi biofortifikasi ini juga direkomendasikan Kementan RI guna membantu peningkatan nilai gizi sekaligus mengatasi kekurangan nutrisi Zn di masyarakat.

Nah setelah mengetahui apa itu zinc, dan berbagai alternatif pilihan makanan yang mengandung seng, kini saatnya anda mengetahui kenapa zinc begitu penting bagi tubuh. Mulai dari anak-anak, ibu hamil hingga orang dewasa sangat memerlukan mineral inc. Info lebih lanjut lihat di sini

Berikut Pendapat Ahli Tentang Zinc, peran dan fungsinya bagi kesehatan tubuh

berikut kami rangkum 12 pendapat ahli, hingga badan kesehatan dunia WHO tentang zinc, manfaat, peran dan fungsi mineral seng bagi tubuh. Mineral ini ternyata memang sangat penting dan tak terbantahkan. Dibutuhkan oleh semua orang, terutama anak-anak, balita, remaja, orang dewasa, ibu-ibu, wanita hamil dan menyusui. Silahkan disimak selengkapnya di bawah ini :

“Zinc merupakan salah satu mikronutrien penting yang berfungsi dalam proses sintesis protein, pertumbuhan dan diferensiasi sel. Selain itu, zinc juga berperan sebagai agen antiinflamasi dan dapat meningkatkan imunitas seluler sehingga penggunaannya dinilai dapat menurunkan mortalitas dan morbiditas pada beberapa penyakit.” dr. Shofa Nisrina Luthfiyani via Alomedika.com

“Zinc merupakan mineral kedua terbanyak setelah Fe yang terdapat di seluruh sel tubuh. Ia tidak bisa diproduksi tubuh dan disimpan dalam tubuh, sehingga perlu asupan yang terus menerus. Zinc diperlukan untuk aktivitas lebih dari 300 enzim. Ia juga berperan pada pertumbuhan dan pembelahan sel, diferensiasi dan metabolisme sel. Defisiensi zinc akan menghambat pertumbuhan anak dan menurunkan daya tahan tubuh terhadap infeksi. Pemberian zinc dalam bentuk makanan alami lebih aman, karena kalau kebanyakan akan dibuang lewat feses.” Dr. dr. Tinuk Agung Meilany, SpA(K) dari RSIA Harapan Kita, Jakarta via otcdigest.id

“Kehamilan berhubungan dengan peningkatan kebutuhan mikronutrien seperti zinc. Zinc memiliki peran penting dalam embriogenesis dan pembentukan embrio. Kebutuhan zinc pada kehamilan meningkat. Defisiensi zinc dikaitkan dengan kejadian neonatal jaundice.” Dr. Della Sulamita Mahendro via Kalbemed.com

“Zat gizi mikro memiliki peran penting membantu pertumbuhan, pencernaan dan metabolisme, pembentukan imunitas, tekanan darah dan cairan tubuh serta pengendalian syaraf. Oleh karena itu, zat gizi ini penting terutama untuk ibu hamil dan anak-anak balita,” Prof Dr Ir Hardinsyah, MS – Guru besar Fakultas Ekologi Manusia IPB via health.kompas.com

“zinc merupakan zat gizi mikro jenis mineral yang hanya sedikit diperlukan tubuh, namun sangat vital untuk tumbuh kembang. Zinc memiliki fungsi penting dalam pembentukan hampir 300 macam enzim tubuh yang berperan dalam sintesis dan degradasi karbohidrat, lemak dan protein serta metabolisme zat gizi mikro lainnya. Zinc juga memiliki fungsi struktural, berperan penting dalam kestabilan protein enzim dan membran sel.” Ir. Titin Hartini, M.Sc – Kepala Seksi Standardisasi Konsumsi Makanan Direktorat Bina Gizi dan Kesehatan Ibu Anak Kementerian Kesehatan via health.kompas.com

“Zinc itu sangat penting bagi ibu hamil karena berperan dalam perkembangan janin. Kekurangan zinc bisa menyebabkan keguguran, bayi lahir prematur, bayi lahir cacat, bayi tidak berkembang dalam janin, hingga bayi lahir dengan berat badan rendah.” dr Dwiana Ocviyanti, SpOG via Detik Health

“Kekurangan zinc dapat menyebabkan penurunan pertumbuhan, peningkatan sakit pilek dan infeksi, gangguan memori, ketidakmampuan belajar, dan konsentrasi yang buruk pada anak.” Dr. Charlotte Elizabeth Grayson Mathis, MD via Detik Health

“Zinc mrupakan salah satu zat gizi mikro yang paling dibutuhkan untuk mencegah virus berkembang biak di dalam tubuh. Zinc ini pertahanan yang penting sekali supaya virus nggak berkembang biak,” dr. Cindiawaty Josito Pudjiadi, MARS, MS, Sp.GK via Suara.com

“Mineral ZINC sangat penting untuk growd and development anak-anak yang masih tumbuh, menyangkut kulit, menyangkut ke otot dan sendi dan macam-macam. Zinc / seng terlibat dalam bermacam-macam reaksi kimia dalam tubuh kita, sebagai cofaktor. Ada 200 proses kimiawi dalam badan kita yang memerlukan bantuan zinc sebagai cofaktor.” Dr. Henry Suhendra, SpoT – Founder & Managing Director of VDSI.

“Zinc / Seng penting untuk pertumbuhan sel, diferensiasi sel dan metabolisme dan defisiensi membatasi pertumbuhan masa kanak-kanak dan menurunkan resistensi terhadap infeksi.” Pendapat WHO via who.int

“Beberapa bayi dan anak-anak mungkin mendapat manfaat dari menambahkan seng ke dalam makanan mereka. Data baru menunjukkan bahwa meningkatkan jumlah mineral ini dapat membantu anak-anak mencapai tinggi dan berat badan yang sehat.” dikutip dari WebMD – Ditinjau secara Medis oleh Charlotte E. Grayson Mathis, MD

“Dietary zinc deficiency telah dikaitkan dengan gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada anak-anak, komplikasi kehamilan, dan disfungsi kekebalan dengan peningkatan kerentanan terhadap infeksi.” Oregon State universty via lpi.oregonstate.edu